http://www.republika.co.id
">


Agar Pekerja di Pedalaman Tak Hanya Mikir 'Itu', Menkes Minta Perusahaan Siapkan
Tanggal: Tuesday, 27 September 2011
Topik: Narkoba


REPUBLIKA.CO.ID, 26 September 2011

JAKARTA - Infeksi HIV AIDS ditakutkan akan menyebar cepat akibat perilaku seks beresiko pada laki-laki pekerja. Karenanya, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih meminta perusahaan-perusahaan yang berlokasi di daerah terpencil seperti pertambangan dan perkebunan untuk menyiapkan sarana rekreasi sehat.

Endang memaparkan bahwa dengan adanya sarana rekreasi sehat seperti sarana olah raga dan musik diharapkan bisa mengalihkan kebutuhan rekreasi seksual pria. "Laki-laki bekerja selama delapan jam dan tidur selama delapan jam. Tetapi ada sisa dimana waktu bebas. Dan kalau tidak ada sarana rekreasi yang sehat, maka laki-laki ini akan mencari rekreasi seks yang berisiko,'' tutur Menteri.

Dengan langkah ini, maka kemungkinan penularan HIV/AIDS sedikit banyak bisa dicegah di kalangan pekerja.

Upaya penanggulangan penularan HIV AIDS ini tambah Endang juga sebagai upaya untuk melindungi para pekerja di kalangan laki-laki muda pekerja. ''Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas mereka, kemudian menurunkan risiko tertular HIV/AIDS,'' kata dia.

Saat ini yang sudah menyediakan sarana rekreasi bagi karyawan di antaranya PT Freeport dan PT Kaltim Prima Coal (KPC). Sedangkan perusahaan lainnya belum menyediakan.

Sumber: http://www.republika.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4802