SMS Tusuk Gigi HIV/AIDS Juga Beredar di Surabaya
Tanggal: Thursday, 29 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Okezone.com, 27 September 2011

SURABAYA - Pesan singkat (Short Message Service/SMS) yang berisikan bahaya tusuk gigi terkontaminasi Virus HIV/AIDS juga beredar di Surabaya. Bahkan dalam SMS tersebut mencatut nama lembaga Balai Laboratorim Kesehatan Surabaya.

Berikut isi SMS tersebut: “Tlong disbarkn ya! Ada nfo yg ckp mngagetkn dr pr dokter & LSM yg mnangani mslh narkoba. Para penderita HIV/Aids yg mrs ptus asa & tdk ada kpedulian pmrintah trhdp mrka,mulai dendam. Mrka brniat mnyebarkn penyakit ini, modusx dgn melalui tusuk gigi yg baxk trdpt d'warung/restauran. Mrka memakai tusuk gigi trsbt hax u/ menusuk gusix smpai brdrah, lalu diusap hingga tdk kelihatn drahx, stlh itu disisipkn ke t4 semula. TLNG DISEBARKAN, JIKA ANDA SEBARKAN MAKA ANDA SUDAH SELAMATKAN BYK JIWA. Jgn pake tusuk gigi d'warung makan/restauran.Thanks. By BALAI LABOROTORIUM KESEHATAN SURABAYA".

Rahman, warga Jalan Wonocolo Pabrik Kulit, Surabaya, mengaku kaget setelah menerima SMS itu.

"Iya, percaya enggak percaya Mas. Sekarang jadi ragu kalau menggunakan tusuk gigi," kata Rahman kepada okezone yang ditemui di warung kopi kawasan tersebut, Selasa (27/9/2011).

Pria yang berprofesi sebagai marketing perusahaan asuransi ini mengaku cemas dengan beredarnya SMS itu. Jika dilihat dari informasi yang ada, Virus HIV/AIDS tak hanya menular dengan berhubungan seks. Bahkan ada yang pernah tertular Virus ini gara-gara pisau cukur.

Sementara itu Witanto, petugas lapangan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang concern terhadap penanggulangan masalah HIV/AIDS (LSM ORBIT) menilai, SMS tersebut hoax. Dia menjelaskan, memang benar penularan Virus ini bisa melalui jarum suntik."Misalnya ketika menggunakan narkoba yang menggunakan jarum suntik yang dipakai bergantian seketika itu, maka otomatis akan tertular," kata pria yang berkantor di Jalan Bratang Binangun, Surabaya, ini.

Jika mengacu SMS tersebut, orang akan terjangkit virus melalui tusuk gigi sampai terluka. Selain itu, virus HIV/AIDS ini tidak bisa bertahan lama jika dalam kondisi kering. "Paling hanya bisa bertahan selama dua Jam saja. Yang jelas tidak mungkin lah kalau seperti itu," tukasnya. (kem)

Sumber: http://news.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4809