http://www.poskota.co.id
">


Lelaki Muda Produktif, Fokus Perlawanan Penyebaran Virus HIV-AIDS
Tanggal: Thursday, 29 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Pos Kota, 27 September 2011

JAKARTA – Pemerintah akan melawan penyebaran HIV/AIDS dengan fokus kepada lelaki muda produktif yang berpotensi menularkan virus itu kepada istri dan anak-anaknya.

“Penanggulangan difokuskan kepada lelaki muda untuk menurunkan penularan HIV/AIDS pada kelompok ini,” kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih usai Rakor penanggulangan HIV dan AIDS di kantornya, kemarin.

Menurut Endang program yang dijalankan mulai tahun 2011 akan dipusatkan di luar Jawa dan Bali. Wilayah itu dipilih karena memiliki koridor percepatan ekonomi di luar Jawa-Bali, sehingga akan banyak tenaga kerja, sebagian besar laki-laki muda, yang ditempatkan di daerah-daerah itu.

“Mereka mungkin belum menikah atau tidak membawa istri sehingga risiko berhubungan seks lebih besar. Jika didiamkan saja, risiko penularan HIV meningkat,” papar Menkes.

Kalangan pengusaha diminta terlibat dalam program tersebut dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyediakan sarana rekreasi sehat seperti olah raga atau musik.

Ia menegaskan program untuk lelaki muda produktif itu tidak berarti menghapus program penanggulangan HIV/AIDS yang sudah ada.

Data Kementerian Kesehatan pada 2011 menunjukan penggunaan kondom dalam hubungan seks yang berisiko baru sebesar 30 persen.

Sedangkan Inpres nomor 3 tahun 2010 mensyaratkan penggunaan kondom pada hubungan seks beresiko minimal sebesar 35 persen. Sementara target MDGs tahun 2014 sebesar 65 persen. (aby/dms)

Sumber: http://www.poskota.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4810