http://manado.tribunnews.com
">


Kebutuhan Darah Tercukupi 40 Persen
Tanggal: Thursday, 29 September 2011
Topik: Narkoba


TRIBUNMANADO.CO.ID, 27 September 2011

KOTAMOBAGU - Palang Merah Indonesai (PMI) Cabang Bolaang Mongondow (Bolmong) mengharapkan masyarakat untuk bisa berpartisipasi memberikan darahnya. Saat ini kebutuhan darah di wilayah tersebut baru bisa terpenuhi sekitar 40 persen.

"Sisa kebutuhan darah tersebut biasanya diambil dari pendonor pengganti yang ada di tempat. Sebab itu kami mengharapkan semakin banyak pendonor sukarela," ujar Kepala Tata Usaha PMI Cabang Bomong M Yunus saat melakukan pengambilan darah di Aula Pemkot Kotamobagu, Selasa (27/9/2011).

Dikatakan, target PMI adalalah 70 persen kebutuhan darah bisa diperoleh dari pendonor sukarela. Kebutuhan darah rata-rata per bulanya di Bolmong mencapai 210 bantal. Itu termasuk untuk memenuhi sebagian daerah Minahasa Selatan seperti Modoinding.

Yunus mengatakan ada beberapa keuntungan dengan menyumbangkan darah. "Setidaknya ada empat penyakit yang kami saring. Jadi pendonor bisa mengetahui apabila yang bersangkutan berpenyakit Hepatitis B, Hepatitis C, Sipilis dan HIV/AIDS," terang dia.

Dia menambahkan, syarat untuk mendonorkan darah sangatlah mudah. Pendonor harus berusia di atas 17 tahun dan berat badan di atas 45 kilogram. "Kalau nanti ada penyakit, kan kami yang akan menyeleksinya," kata dia.

Sumber: http://manado.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4815