http://www.cenderawasihpos.com
">


Hingga Juni, 43 PNS Pemkab Terjangkit HIV-AIDS
Tanggal: Thursday, 29 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Cenderawasih Pos, 29 September 2011

SENTANI – Hingga Juni 2011, data terakhir yang dimiliki Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Jayapura, diketahui jumlah PNS yang terjangkit HIV-AIDS sebanyak 43 orang. Jumlah ini diprediksikan akan bertambah jika seluruh pegawai melakukan tes VCT.

Pemkab Jayapura belakangan mulai gencar mengajak pegawainya untuk melakukan tes VCT. Yang terakhir adalah di Dinas KPDE (Kantor Pusat Data Elektronik).

“Yang sudah kami kunjungi adalah KPDE dan sesuai instruksi bupati, kami akan jalan ke seluruh SKPD di Kabupaten Jayapura. Di KPDE sendiri, pegawainya 15 orang dan seluruhnya ikut ambil bagian dan hasilnya semua negatif,” beber Ketua Harian KPA Kabupaten Jayapura, dr Esterlina belum lama ini. Jumlah 43 ini kata Ester adalah data terakhir, namun dikatakan ada juga yang sudah meninggal. Tes VCT yang dilakukan sifatnya sukarela, namun sesuai instruksi bupati disarankan seluruh pegawai mau melakukan pemeriksaan untuk mengetahui statusnya.

Menurut Ester jika telah mengetahui statusnya, tentunya orang tersebut akan lebih bisa membawa diri. ”Jika tahu hasilnya negatif maka ia bisa menjaga dirinya sendiri. Jika positif maka ia akan mendapat akses pelayanan untuk bekerja, tapi tak lupa ia bertanggungjawab pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar,”tambahnya.

Data lainnya diperoleh bahwa dari Januari hingga Juni 2011, ditemukan 17 kasus pengidap HIV-AIDS di tengah masyarakat, namun untuk jumlah keseluruhan hingga kini berjumlah 703 penderita. (ade/tho)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4831