http://manado.tribunnews.com
">


Penderita HIV/AIDS di Manado Capai 468 Jiwa
Tanggal: Monday, 03 October 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNMANADO.CO.ID, 01 Oktober 2011

MANADO - Jumlah penderita Human Immuno dificiency Virus (HIV) dan Aiquraid Imuno Distroyed Sydrome (AIDS) sampai dengan September mencapai 468 jiwa. Hal tersebut akan terus bertambah setiap bulannya.

Demikian dikatakan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Manado dr Harce Rauw. "Sampai dengan September jumlah penderita HIV/AIDS telag mencapao 468, jadi diperlukan keseriusan dari semua pihak untuk menekan angka tersebut," ujarnya.

Rauw menambahkan satu di antara cara yang dilakukannya adalah membagikan kondom melalui outlet yang tersebar di pub, bar maupun tempat hiburan lainnya. "Hal tersebut kami lakukan karena saat ini kondom merupakan alat kontrasepsi yang efektif dalam mencegah penyebarluasan penyakit mematikan itu," ungkapnya.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi ke kecamatan dan kelurahan, agar masyarakat luas semakin tahu, bahaya dari HIV/AIDS dan penularannya. Saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi kedua kecamatan, yaitu Tikala dan Wenang. "Dengan demikian jika masyarakat telah mengetahui diharapkan dapat menghindari," tuturnya.

Selain itu, ke sekolah, baik itu SMP maupun SMA pihaknya juga melakukan sosialisasi, sebab hal para siswa yang merupakan remaja, rentan sekali tertular HIV/AIDS, sebab keingintahuan mereka cukup besar. "Seks bebas jangan sampai mereka lakukan, sebab mereka adalah generasi penerus bangsa yang harus dididik dengan baik," katanya.

Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan mengungkapkan pihaknya mendukung upaya menekan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut, melalui KPA yang memiliki berbagai program untuk pencegahan.

Dengan demikian diharapkan kedepannya masyarakat semakin sadar bahaya dari HIV/AIDS.

Sumber: http://manado.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4843