http://sindikasi.inilah.com
">


96 Warga Aceh Terjangkit HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 03 October 2011
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 02 Oktober 2011

Banda Aceh
- Dinas Kesehatan Aceh merilis sebanyak 96 warga Aceh terjangkit Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Defeciency Syndrome (HIV/AIDS). Jumlah penderita penyakit itu terhitung sejak Januari 2004 hingga September 2011.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Aceh, Abdul Fatah mengatakan, pengidap HIV 16 orang dan AIDS 82 orang.

“Artinya di Aceh, sejak kasus pertama pada 2004 hingga September 2011, sebanyak 10 persen penderita HIV dan 90 persen AIDS,” katanya, Jumat (30/9).

Ia merincikan, kasus tertinggi terdapat di Aceh Tamiang dengan 10 Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA). Sementara urutan kedua di Aceh Timur dan Kota Langsa masing-masing delapan ODHA. Menurutnya, pembawa virus HIV ke Aceh kemungkinan besar oleh perantau.

“Orang Aceh merantau ke luar daerah. Di sana mengalami gangguan kesehatan, lalu pulang ke Aceh. Ketika mereka periksa kesehatan di sini (Aceh), ternyata positif. Artinya, banyak terjangkit ketika berada di luar Aceh,” kata dia.

Guna mencegahnya, Dinkes Aceh mengadakan survilans— pengamatan secara terus menerus terhadap perkembangan kasus HIV/AIDS, meningkatkan kapasitas petugas melalui pelatihan, mengadakan penyuluhan bagi masayarakat Aceh, mengadakan bimbingan teknis ke kabupaten/kota, dan pengobatan terhadap ODHA oleh rumah sakit yang obatnya dari Departemen Kesehatan.[iaf]

Sumber: http://sindikasi.inilah.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4857