(bgs/fay)

Sumber: http://www.detiknews.com
">


Menko Kesra Buka Pernas AIDS IV di Yogya, Kejar Target MDG
Tanggal: Tuesday, 04 October 2011
Topik: Narkoba


detikNews, 03 Oktober 2011

Yogyakarta - Menko Kesra Agung Laksono membuka Pertemuan Nasional (Pernas) AIDS IV di Yogyakarta. Dia meminta penanggulangan AIDS di daerah-daerah saat ini harus semakin diperkuat demi pencapaian target Millenium Development Goals (MDS) pada 2015 mendatang.

"Upaya ini penting dilakukan untuk membahas kemajuan dan tantangan penanggulangan AIDS nasional dalam mencapai target Millenium Development Goals HIV dan AIDS tahun 2015," kata Agung Laksono saat membuka Pernas AIDS di Ballroom Hotel Inna Garuda Yogyakarta di Jl Malioboro, Yogyakarta, Senin (3/10/2011).

Dia mengatakan saat ini perlu ada usaha dan upaya bersama multi instansi dalam menanggulangi HIV agar bisa maksimal. Oleh karena itu dia meminta pertemuan ini menjadi media dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan dalam penanggulangan HIV/AIDS.

"Saat ini penanggulangan HIV/AIDS tidak akan berhasil tanpa peran pemerintah daerah," kata Agung.

Menurut dia, lima daerah terbesar kasus AIDS di Indonesia ada di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua dan Bali. Sedangkan lima provinsi dengan jumlah orang terinfeksi HIV terbanyak adalah DKI Jakarta, Jatim, Papua, Bali, Jawa Tengah.

Hingga bulan Juni 2011, jumlah orang yang terinfeksi HIV sebanyak 66.693 orang. Sedangkan akumulasi kasus AIDS sebanyak 26.483 kasus. Sedangkan penderita tertinggi karena transmisi seksual (57,7 persen), suntikan narkoba (36,2 persen), dari ibu ke anak (2,8 persen) dan transfusi darah (1,2 persen).

"Karena itu perlu adanya peningkatan peran masyarakat sipil agar dapat berjalan efektif," katanya.

Pertemuan yang hadiri sekitar 1.000 peserta ini akan berlangsung hingga tanggal 6 Oktober 2011. Sebanyak 134 abstrak makalah akan disajikan dalam 27 sesi. Selain itu, terdapat 17 simposium, 23 sesi lokakarya, dan 8 pertemuan satelit. Di sela-sela kegiatan Pernas AIDS IV 2011 ini akan dilakukan kunjungan lapangan untuk mempelajari penanggulangan HIV / AIDS di Yogyakarta.

Saat acara pembukaan juga dihadiri Menteri Kesehatan Endang R Sedyaningsih dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Saat acara berlangsung puluhan aktivis juga menggelar aksi demo di depan lobi hotel menuntut peran serta masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS dan adanya peningkatan APBN dan APBD dalam penanggulangan HIV/AIDS.

(bgs/fay)

Sumber: http://www.detiknews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4873