http://www.klik-galamedia.com
">


Cimahi Jadi ''Pilot Project'' Menekan Kasus TB dan HIV
Tanggal: Tuesday, 04 October 2011
Topik: HIV/AIDS


Galamedia, 04 Oktober 2011

Kota Cimahi menjadi pilot project dalam menekan kasus TBC dan HIV melalui Public Private Mix (PPM) di Indonesia. Penyakit tersebut saling terkait, karena TB menjadi penyebab kematian utama bagi ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

"Public Private Mix (PPM) ini merupakan kolaborasi pemberantasan TB dan HIV. Paling tidak, dengan adanya PPM jumlah kasus TB dan HIV/AIDS semakin menurun, dan Cimahi menjadi daerah yang ditunjuk sebagai pilot project dalam menekan jumlah kasus penyakit tersebut," ungkap Wali Kota Cimahi, H. M. Itoc Tochija di sela-sela penilaian lomba sekolah sehat, di SMPN 1 Cimahi, Senin (3/10).

Itoc menilai saat ini upaya pemerintah dalam menekan kasus penyakit TB dan HIV dengan menggiatkan peran kader pengawas menelan obat (PMO). "Kader PMO memiliki peran yang penting dalam membantu menurunkan angka kasus TB di Indonesia dari urutan ketiga menjadi urutan kelima," tambah Itoc.

Sementara itu, dalam sosialisasi PPM di Gedung Pandiga, Jln. Sentral, Kel. Cibabat, dr. Fatimah Resmiati selaku perwakilan dari Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Jawa Barat menyampaikan, Indonesia menempati ranking ke-5 negara di dunia dengan TB tertinggi, yaitu 429.000 kasus. Negara yang menempati urutan teratas adalah India 1.982.628 kasus, diikuti Cina (1.301.322), Afrika Selatan (476.732), dan Nigeria (457.675).

Fatimah menyampaikan, melihat hasil Program Pencegahan dan Penanggulangan TBC (P2TB), RS Cibabat berperan dalam hospital DOTS linkage (HDL).

"RS Cibabat memiliki kontribusi dalam pelayanan TB dengan strategi DOTS (directly observed therapy) yang bermutu," katanya.

Dengan adanya PPM, maka pasien dengan HIV dan TB dapat diobati dengan satu kunjungan ke klinik. Selain itu, waktu tunggu di klinik berkurung dan risiko ODHA tertular TB juga berkurang. "Penyakit TB pada ODHA lebih cepat tertangani, dan kepatuhan terhadap terapi TB dan HIV dapat didorong bersama. Serta petugas yang menangani TB dapat lebih banyak pengalaman mengenai HIV dan sebaliknya," ujarnya. (B.109)**

Sumber: http://www.klik-galamedia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4884