http://makassar.tribunnews.com
">


AIDS dan Narkoba di Sekolah Penerbangan
Tanggal: Wednesday, 05 October 2011
Topik: Narkoba


TRIBUN-TIMUR.COM, 04 Oktober 2011

Sosialisasi dan penyuluhan HIV dan Narkotika telah berlangsung di Aula Utama Kampus Akademi Teknik Penerbangan Mandai, Selasa (4/10/2011). Kampus ini berada di Kabupaten Maros, tempat yang terpencil nun jauh 40 km dari Kota Makassar. Kegiatan ini diikuti para taruna dan taruni akademik tersebut yang berjumlah kurang lebih 1.000-an peserta.

Para peserta tampak antusias mendengarkan sekaligus simulasi bagaimana fenomena gunung es penularan HIV di kalangan remaja. Kegiatan ini adalah kepedulian yang tinggi dari lembaga pendidikan yang dikelola oleh kementerian perhubungan untuk berkontribusi dalam pencegahan HIV dan AIDS paling tidak untuk taruna dan taruninya yang berjumlah ratusan orang.

Hadir dalam penyuluhan tersebut di antaranya Direktur ATPN Ir Heri Sudarmaji DEA. Ia mengatakan bahwa ancaman HIV dan narkotika bagi taruna dan taruninya perlu mendapat perhatian serius. Hal ini mengingat hasil dari ribuan pendaftar calon taruna di akademi rata-rata tidak lulus karena persoalan kesehatan. Meskipun bukan persoalan HIV, namun virus bisa sewaktu dapat menular ke taruna bila tidak segera di antisipasi lebih dini.

Di samping program penyuluhan ini juga dimaksudkan mewujudkan komitmen kementerian perhubungan dan jajarannya mendukung pemerintah Indonesia mengakselerasi pencapaian MDGs tahun 2015 mendatang khususnya di jajaran perhubungan udara.

Oleh karena itu program penyuluhan ini akan dilakukan setiap tahunnya di akademi ini. Hadir sebagai pembicara adalah Dr dr ATIK Uleng yang mewakili Dinas Kesehatan Sulsel dan Muljadi Prajitno, mewakili KPA Provinsi Sulsel.

Pertemuan di atas menjadi hal yang menginspirasi di tengah hingar bingar pertemuan Nasional Aids dilaksanakan di kota Jokjakarta, sebuah hajatan akbar untuk membahas permasalahan HIV/AIDS di Indonesia. Pertemuan ini dihadiri para pemerhati HIV mulai dari pejabat kementerian, NGO intenasional, NGO, CSO dan bahkan ODHA. Di arena inilah diputuskan hal penting perjalanan hendak kemana ODHA serta bagaimana menanganinya dan siapa berperan apa. (*/tribun-timur.com)

Sumber: http://makassar.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4886