http://www.jpnn.com
">


60 Persen Pengidap HIV/Aids Usia Produktif
Tanggal: Wednesday, 05 October 2011
Topik: HIV/AIDS


JPNN.COM, 05 Oktober 2011

BANDUNG - Kota Bandung, Kota Bekasi, dana Kota Sukabumi masih merupakan tiga kota dengan jumlah kasus HIV/AIDS terbanyak di Jawa Barat. Bahkan 60 persennya merupakan kalangan usia produktif mulai 15-29 tahun.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jabar, Pantjawidi Djuharnoko. “Dilihat dari usia, ini sangat memprihatinkan, karena usia mereka usia yang produktif,” ujarnya.

Ia menuturkan dari 5.934 kasus HIV/AIDS di Jabar yang ditemukan, 60 persen merupakan kalangan usia produktif, yang mempunyai usia mulai 15 tahun hingga 29 tahun. “Sosialisasi dengan sasaran usia produktif kita gunakan media hiburan seperti pertunjukan musik jazz dan wayang. Ini sesuaikan dengan minat dari generasi muda,” kata Pantjawidi.

Menurutnya, semakin banyak ditemukan kasus HIV/AIDS di kalangan usia produktif ini, merupakan bentuk keberhasilan dari kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan dan bukan karena kegagalan dalam sosialisasi pencegahan.

“Melalui sosialisasi, kesadaran tentang bahaya HIV/AIDS mulai tumbuh. Sebelumnya orang dengan HIV/AIDS (ODHA) cenderung menyembunyikan diri, sekarang malah sebaliknya, mereka pun mau berobat ke rumah sakit umum maupun klinik,” tuturnya. KPA Temukan 154 Kasus HIV/AIDS di Jabar

Sementara itu, sebanyak 154 kasus HIV/ AIDS di Jabar telah ditemukan selama semester I tahun 2011. “Dari 154 kasus HIV/ AIDS yang kita temukan, 45 kasus diantaranya merupakan kasus AIDS,” ujar Pantjawidi.

Menurut Pantjawidi, dengan ditemukannya 154 kasus HIV/ AIDS pada awal 2011 ini, menambah banyak kasus HIV/ AIDS di Jabar. “Jika dikomulatifkan sejak tahun 1989 hingga tahun 2011, sudah ada sebanyak 5.934 kasus HIV/AIDS di Jabar, dengan 3.674 kasus diantaranya merupakan kasus AIDS," tuturnya.

Pantjawidi menambahkan, dari kasus HIV/AIDS yang ditemukan di Jabar sejak tahun 2009, tercatat angka kematian mencapai 568 orang. “Dari 568 orang yang meninggal akibat HIV/AIDS di Jabar, sebanyak 165 kasus kematian ini ditemukan di Kota Bandung,” ucapnya.(jbr)

Sumber: http://www.jpnn.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4893