http://jateng.tribunnews.com
">


Penangulangan HIV/AIDS Bisa Dilakukan
Tanggal: Thursday, 06 October 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNJATENG.COM, 06 Oktober 2011

YOGYA - Penanggulangan HIV/AIDS dapat dilakukan melalui beberapa alternatif, antara lain upaya struktural, biomedik, perubahan perilaku, dan positive prevention. Wujud upaya struktural adalah memperbaiki ekonomi, budaya, hukum, dan kesetaraan gender. Sementara bentuk upaya biomedik adalah mengonsumsi Antiretroviral (ARV) secara teratur, kondisi kesehatan membaik, kekebalan tubuh pulih, dan jumlah virus HIV dalam tubuh minimal.

“Pada kondisi tersebut, risiko penularan HIV pun menjadi sangat sedikit. Sementara ODHA (orang hidup dengan HIV/AIDS) yang meminum ARV, dapat membantu menurunkan penularan sebesar 80 persen,” ujar Zubairi Djoerban, pakar HIV/AIDS dari Universitas Indonesia, Rabu (5/10/201), di Ruang Borobudur Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

Dilanjutkannya, ARV mencegah penularan heteroseksual, di mana penularan lebih sering dari laki-laki ke perempuan, dengan penularan berbanding lurus dengan viral load (VL). Mengonsumsi ARV dalam waktu lama, membuat CD4 (sel darah putih atau limfosit untuk sistem kekebalan tubuh manusia, Red) mengalami kenaikan.

Sementara Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Muhammad Subuh, menyatakan, masyarakat perlu memahami lagi cara penularan HIV/AIDS. Sebab, selama ini banyak kesimpangsiuran mengenai cara penularan virus tersebut.

Sumber: http://jateng.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4906