http://www.ujungpandangekspres.com
">


SRAD Sulsel Jadi Referensi
Tanggal: Thursday, 06 October 2011
Topik: Narkoba


Ujungpandang Ekspres, 06 Oktober 2011

Dalam pertemuan koordinasi dan konsolidasi KPA Nasional yang digelar di sela Pernas IV AIDS, Propinsi Wilayah Sulawesi dan Kalimantan yang dipimpin oleh sekretaris KPA Nasional, Nafsiah Mben Boy, menjelaskan bahwa kebutuhan dokumen Strategi Rencana Aksi Daerah (SRAD) sangat penting dalam mengarahkan program ke depan, karena pedoman rencana aksi yang strategis akan memandu pelaksanaan program secara konfrehensif dan terpadu.

“Diingatkan kembali kepada semua KPA propinsi kabupaten/kota agar sesegera mungkin menyusun SRAD, dan Sulsel bisa menjadi contoh penyusunan SRAD, karena KPA Sulsel sudah menyusun SRAD meskipun masih diperlukan bagian lampiran tugas dan fungsi SKPD” Demikian penegasan Nafsiah.

Implikasi dari SRAD ini adalah memudahkan perencanaan kegiatan aksi P2HIV dan memudahkan mengadvokasi penganggaran program di APBD masing-masing provinsi dan kabupaten/kota. Oleh karenanya KPA propinsi lainnya bisa menjadikan SRAD Sulsel sebagai bahan referensi .

Issu strategis yang juga berkembang adalah pentingnya dunia kerja perusahaan yang mendukung program PMTS paripurna, sebuah program baru untuk memutus mata rantai penularan HIV dan AIDS melalui transmisi seksual.

Program paripurna akan memadukan berbagai program di tempat kerja, THM, dan layanan kesehatan secara terpadu untuk mengurangi dampak HIV. Meskipun demikian program Lainnya seperti Harm Reduction tetap diprioritaskan bagi user drugs injeksion, untuk memutus mata rantai penularan melalui jarum suntik.

“Akan tetapi semua kebijakan program ini akan lebih baik lagi jika didukung dengan sebuah kebijakan regulasi pemerintah baik melalui perda, pergub, ataupun perbup, sebagai wujud komitmen dan jaminan pelaksanaan keberlanjutan program,” urai Saleh Rajab, sekretaris KPA Provinsi Sulsel. ()

Sumber: http://www.ujungpandangekspres.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4909