http://www.kaltimpost.co.id
">


50 Peserta Ikuti Pelatihan Konselor Sebaya
Tanggal: Monday, 10 October 2011
Topik: Narkoba


Kaltim Post, 08 Oktober 2011

TENGGARONG – Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menyelenggarakan pelatihan pusat informasi dan konseling (PIK) remaja bagi pendidik sebaya dan konselor, baru-baru ini.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Karya Tapin tersebut dalam rangka mengembangkan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) dalam upaya untuk menumbuhkembangkan kehidupan remaja yang tegar sebelum memasuki kehidupan berkeluarga.

Kepala BKBP3A Dra Hj Maria Laura Sari M Kes saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, PKBR merupakan salah satu program pokok pembangunan nasional yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN 2004 – 2009).

Dengan berbagai masalah yang dihadapi remaja saat ini, program PIK remaja dinilai sangat penting bagi upaya pelayanan untuk membantu remaja memiliki status kesehatan reproduksi yang baik melalui pemberian informasi, pelayanan konseling dan pendidikan ketrampilan hidup.

Masa remaja sangat erat kaitannya dengan perkembangan psikis pada periode yang dikenal sebagai masa pubertas. Kondisi ini menyebabkan remaja menjadi rentan terhadap masalah perilaku hubungan seksual sebelum menikah, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA), yang keduanya dapat membawa resiko penularan HIV/ AIDS.

Laura sangat berharap dari pelatihan pendidik dan konselor sebaya ini para peserta bisa mencermati sungguh-sungguh apa yang disampaikan oleh para nara sumber agar nantinya bisa menjadi pendidik dan konselor untuk dapat membantu mengatasi masalah remaja. Sementara itu ketua panitia pelaksana Erna Dwi Mahnaningsih SKM MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman konselor tentang kesehatan reproduksi remaja, dan mampu mengambil keputusan terbaik untuk dalam pelayanan konseling remaja.

Pelatihan diikuti 30 peserta untuk pelatihan pendidik sebaya dan disambung dengan pelatihan untuk konselor sebaya yang diikuti 50 peserta. Nara sumber datang dari BKKBN Provinsi Kaltim Alfi Juni Rahmawati SKM MPd, PKBI Provinsi Kaltim Choiril Annam Taufik dan dr Adam dari RS AM Parikesit Tenggarong. (hmp10)

Sumber: http://www.kaltimpost.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4919