http://nasional.inilah.com
">


65 Warga Jombang Terjangkit AIDS
Tanggal: Monday, 10 October 2011
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 09 Oktober 2011

Jombang - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Jombang terus menunjukkan peningkatan. Berdasarkan data di KPA (Komisi Penanggulangan AIDS), sepanjang Januari - Oktober 2011 ini sudah terdapat 65 orang terjangkit virus HIV/AIDS.

Terakhir, petugas dari KPA menemukan satu PSK (Pekerja Seks Komerial) yang biasa beroperasi di lokalisasi Klubuk Kecamatan Kabuh. "PSK tersebut berusia 41 tahun dan tinggal di Kecamatan Kesamben. Ini temuan awal bulan ini. Jadi jumlah total penderita HIV/AIDS sebanyak 65 orang," terang Ashari SKM, sekretaris KPA Jombang, Sabtu (8/10/2011).

Pria berkacamata minus ini mengungkapkan, rata-rata penderita HIV/AIDS yang ditemukan KPA merupakan PSK ataupun pelanggan PSK. "Sepanjang tahun ini, KPA sudah menemukan 65 penderita HIV/AIDS. Bulan September kemarin saja kita menemukan 10 penderita," katanya menambahkan.

Selain dari PSK maupun pelanggan PSK, penderita penyakit itu juga dari pengguna narkoba dan anak yang lahir dari ibu penderita HIV/AIDS. Penderita HIV/AIDS, menurut Ashari, fenomenanya menyerupai gunung es. Dalam arti, Hanya sebagian kecil saja yang terlihat dipermukaan. Padahal, yang tidak tampak jumlahnya lebih besar.

"Makanya kita sangat menganjurkan agar orang yang beresiko tinggi tertular HIV/AIDS mau aktif memeriksakan diri. Dengan begitu pencegahan HIV/AIDS bisa dilakukan," pungkasnya. [beritajatim/lal]

Sumber: http://nasional.inilah.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4921