http://kaltim.tribunnews.com
">


Ikatan Konselor Remaja Kaltim Dibentuk
Tanggal: Monday, 10 October 2011
Topik: Narkoba


tribunkaltim.co.id, 09 Oktober 2011

SAMARINDA - Setelah menjalani pelatihan selama beberapa bulan, akhirnya Ikatan Konselor Remaja Kaltim dibentuk di depan Kantor Gubernur Kaltim. Minggu (9/10/2011).

Acara yang berlansung sangat sederhana ini dihadiri sedikitnya 25 orang konselor remaja yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa se-Kalimantan Timur serta pengurus Perkumpulan Keluarga Berencana Indionesia (PKBI) kaltim. Ikatan Konselor remaja Kaltim ini dipimpin Ketua Pertamanya, Febriansyah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman untuk masa bhakti 2011-2013.

Menurut penanggung jawab kegiatan dari PKBI Provinsi Kaltim Choiril Annam Taufik mengatakan masa remaja sangat erat kaitannya dengan perkembangan psikis pada periode yang dikenal sebagai masa pubertas. Kondisi ini menyebabkan remaja menjadi rentan terhadap masalah perilaku hubungan seksual sebelum menikah, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA), yang keduanya dapat membawa resiko penularan HIV/ AIDS.

"Kenapa kita bentuk forum konselor remaja ini dikarenakan agar setiap permasalahan yang ada pada remaja bisa terserap. Dimana anak seusia remaja pastinya akan lebih terbuka bila bercerita apa yang dialaminya dengan sesama rekan sebayanya. Hiharapkan dengan kertebukaan itu, bisa menyelesaikan permasalahan atau setidaknya meringankan masalah yang dihadapi klien," kata Choiril.

PKBI sendiri sejak tahun 2007 telah gencar melatih remaja untuk menjadi konselor yang nantinya diharapkan dapat mejadi saluran informasi bagi remaja.

"Sejak 2007 PKBI telah genjar melatih para konselor remaja. Nantinya diharapkan bisa berbagi informasi bagi rekan sebayanya seputar remaja seperti berbagi informasi sepitar kesehatan alat reproduksi. Yang penting, ini adala sebagai bentuk respon sosial kepada remaja untuk mengatasi segala bentuk permasakahan yang megancam, kehidupan remaja saat ini, kata Choiril. Ketua Ikatan Remaja Konselor Kaltim, Febriasyah mengatakan akan mengemban tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan padanya sebaik mungkin.

"Saya melalui Ikatan Remaja Konselor Kaltim akan beruapaya semaksimal mungkin untuk menjalankan apa yang telah diprogramkan kedepannya. Tentunya ini juga membutuhkan dukungan dari teman - teman konselor," kata Febri.

Sumber: http://kaltim.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4923