http://www.beritajatim.com
">


Dinkes Lumajang Temukan 11 Penderita HIV-AIDS
Tanggal: Tuesday, 11 October 2011
Topik: HIV/AIDS


beritajatim.com, 10 Oktober 2011

Lumajang - Dinas Kesehatan di Lumajang setiap tahun masih saja menemui penderita HIV-AIDS yang terjangkit setiap tahunnya.

Ditahun 2011 hingga bulan September sudah ada 11 warga Lumajang yang kebanyakan ibu-ibu dan balita teridentifikasi diserang virus berbahaya itu.

Bahkan, dari 11 penderita yang ditemukan, 2 orang balita meninggal dunia karena diserang HIV-AIDS ditahun 2011. Sedangkan 2010 lalu terdata ada 17 penderita HIV-AIDS.

"Disini kebanyakan yang menderita HIV-AIDS ibu rumah tangga," kata kata Kabid Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Sanitasi Dasar (P2MPSD) Dinkes Lumajang, Dr. Syaiful Ihsan pada beritajatim.com di ruang kerjanya, senin (10/10/2011).

Menurut dia, hasil keterangan yang si penderita, ditularkan oleh suaminya yang suka jajan dan berganti pasangan. Sehingga, si ibu terjangkit dan balitanya ikut menderita karena kelakukan bapaknya. "Ini Ironis sekali," ujar Syaiful.

Selain ibu rumah tangga, di Lumajang juga ditemui pada perempuan terjangkit karena menjadi PSK saat bekerja diluar kota. Selain itu, ada beberap orang laki-laki yang memiliki kelainan seksual. "Rata-rata penyakit mereka diketahui setelah diperiksa di Puskesmas atau di rumah sakit," ungkapnya.

Bagi penderita HIV-AIDS di Lumajang terus diawasi oleh Petugas Dinkes dan diberikan pengertian pada anggota keluarganya. Meskipun berat, pihak keluarga ada yang syok dan menerima keadaan di Penderita. "Kami terus jalin komunikasi dengan keluarga penderita HIV-AIDS, agar tidak tertular," ujar Syaiful.[har/ted]

Sumber: http://www.beritajatim.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4932