http://beritajatim.com
">


Napi Lapas Jombang Terjangkit AIDS
Tanggal: Wednesday, 12 October 2011
Topik: Narkoba


beritajatim.com, 12 Oktober 2011

Jombang - Seorang narapidana (napi) di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) kelas II B Jombang terdeteksi HIV/AIDS. Napi berinisial M dan berusia 38 tahun ini masih menjalani perawatan intensif di RSUD setempat.

Kepala Lapas Jombang, Muji Widodo menjelaskan, penemuan napi dengan AIDS bermula ketika ada seorang penghuni Lapas sakit. Napi tersebut mennderita penyakit TBC. Khawatir terjadi sesuatu, napi kasus pencurian itu kemudian dirujuk ke RSUD Jombang. Nah, saat menjalani perawatan di rumah sakit itulah di ketahui jika M terjangkit AIDS.

"Hingga saat ini masih menjalani perawatan di RSUD. Kami juga menempatkan seorang sipir untuk berjaga di ruang perawatan rumah sakit. Ini merupakan kasus ke dua di Lapas Jombang," kata Muji menjaskan, Rabu (12/10/2011).

Bagimana riwayat M selama ini? Muji tak bisa menjelaskan secara panjang lebar. Dia beralasan, napi pengidap AIDS merupakan penghuni baru di Lapas yang ia pimpin. M pindahan dari Lapas Medaeng Sidoarjo. Ia dilayar ke Jombang pada 15 September 2011. Nah, seminggu berada di Lapas Jombang, M jatuh sakit. Selanjutnya, pada 28 September dibawa ke rumah sakit.

"Jadi belum tahu riwayatnya secara detail. Semisal, apakah dia pemakai narkoba atau penganut seks bebas. Namun yang pasti, dia merupakan napi kasus pencurian. Dan tanggal 21 Oktober 2011 mendatang sudah habis masa hukumannya alias bebas," kata Muji beralasan.

Terlepas dari itu semua, Muji mengaku, sebelum ditemukannya pengidap AIDS, pihaknya sudah ekerja sama dengan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) setempat guna melakukan penyuluhan. Selain itu, pengambilan sampel darah juga rutin dilakukan sebulan sekali. "Namun, untuk kasus ini memang belum ada pengambilan sampel darah. Karena dia baru satu minggu masuk Lapas Jombang," pungkasnya. [suf/kun]

Sumber: http://beritajatim.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4944