http://health.ghiboo.com
">


Indonesia Millenium Development Goals Awards 2011 Resmi Dimulai
Tanggal: Thursday, 13 October 2011
Topik: Narkoba


ghiboo.com, 12 Oktober 2011

Program Indonesia Millenium Development Goals (MDGs) Awards 2011 bertema "Beraksi untuk Negeri" secara resmi diluncurkan oleh Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia, Rabu (12/10).

Kompetisi MDGs akan digelar hingga Januari 2011 didukung oleh sejumlah tokoh nasional yang terkait erat dengan upaya-upaya MDGs dan berkompeten di bidangnya. Sebagai tim dewan juri, yaitu Mendagri Gamawan Fauzi, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Djalal, Redaktur Senior Kompas DR. Ninok Leksono, Kepala Lembaga Demografi FE-UI DR. Sonny Harry B. Harmadi. Dan sebagai Ketua Dewan Juri IMA 2011 adalah Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs, Prof. DR. Nila F. Moeloek.

"Salah satu aspek penting untuk mendorong pencapaian MDGs adalah membangun sistem insentif dan disinsentif yang berfungsi sebagai katalis bagi percepatan pencapaian MDGs. Sistem ini bertujuan untuk memilah secara jelas aspek-aspek reward and punishment yang bertujuan memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap upaya-upaya yang diarahkan untuk mendorong pencapaian target-target MDGs, tetapi juga sekaligus menghindarkan praktek-praktek yang tidak mendukung upaya pembangunan nasional ini," kata Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs, Prof. DR. Nila F. Moeloek.

"Apresiasi tersebut diberikan melalui program tahunan Indonesia MDGs Awards yang kali ini bertema "Beraksi Untuk Negeri". Semangat ini merefleksikan bahwa semua pihak terkait seharusnya sudah sampai pada tahap aksi dari rencana yang disusun di tahun-tahun sebelumnya. Aksi inilah yang akan diukur dan menjadi bukti pencapaian pembangunan setiap peserta," tuturnya lebih lanjut.

Ada delapan butir yang menjadi target MDGs yaitu memberantas kemiskinan dan kelaparan, memberi layanan pendidikan untuk semua, mendorong kesetaraan Gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Target tersebut adalah sebagai salah satu upaya untuk memenuhi target pembangunan dalam periode terbatas ini. Pemerintah Republik Indonesia menerbitkan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2010 mengenai Program Pembangunan yang berkeadilan serta menjabarkan secara rinci berbagai kebijakan dan strategi untuk mencapai target-target MDGs 2015.

"Mari beraksi untuk negeri dengan menunjukkan karya dan prestasi dalam membentuk fondasi nasional yang kuat," tutup Nila F. Moeloek.

Sumber: http://health.ghiboo.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4946