http://manado.tribunnews.com
">


Bapelkes Sulut Siap Tuan Ruan Pertemuan Nasional
Tanggal: Thursday, 13 October 2011
Topik: Narkoba


TRIBUNMANADO.CO.ID, 12 Oktober 2011

MANADO - Sulut kembali mendapat kepercayaan pemerintah pusat menjadi tuan rumah Pertemuan Nasional Asosiasi Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Indonesia (ABI). Kegiatan ini dipusatkan di Bapelkes Sulut, selama 3 hari, Rabu-Jumat (12-14/10/2011).

ABI akan diikuti perwakilan 23 Bapelkes se-Indonesia. Rencananya, acara akan dibuka Asisten I Sekdaprov Sulut, Pak Mecky Onibala malam ini (Rabu) pukul 19.00 Wita," kata Kepala Bapelkes Sulut, dr Enrico Rawung dalam keterangan persnya.

Ia menjelaskan tujuan di balik penyelenggaraan Pertemuan Nasional ABI, yakni meningkatkan mutu pelayanan diklat (pendidikan dan latihan) berbasis teknologi informasi (IT) guna mewujudkan Millenium Development Goals (MDGs) bidang kesehatan. "Intinya, bagaimana diklat di Bapelkes bisa memberikan daya ungkit terhadap pelayanan kesehatan lewat penguasaan IT," kata Rawung.

Ia mengatakan, penguasaan IT di bidang pelatihan kesehatan sangat urgent karena bisa menghemat waktu dan biaya. Satu metode yang sedang dikembangkan dan menjadi salah satu materi yakni penerapan pelatihan jarak jauh lewat teleconference (e-learning).

"Ini sangat efisien. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Dengan teleconference, panduan pelayanan kesehatan, pelatihan, diklat bisa dilakukan dari mana saja. Hemat waktu dan biaya. Singkatnya pelatihan tak terbatas ruang dan waktu," katanya.

Beberapa materi lain yang akan diberikan di antaranya, strategi pencapaian MDGs bidang kesehatan di Sulut, Bapelkes Sulut sebagai sentra pelatihan bencana dan peranannya dalam pencapaian MDGs. "Kualitas pelayanan kesehatan di lapangan berpangkal di pendidikan dan latihan," katanya. Adapun MDGs bidang kesehatan meliputi, pertama memerangi kemiskinan dan kesehatan ekstrim. Kedua, mengurangi angka kematian bayi, ketiga, mengurangi angka kematian ibu melahirkan, keempat, memeberantas penyakit menular (TBC, HIV/AIDS dll), serta peningkatkan kesehatan lingkungan.

Ketua panitia Pertemuan Nasional ABI, Fithrie Listianty SKM MKes mengatakan, peserta kegiatan sekitar 100 orang. "Lebih kurang ada sekitar 100 peserta, para kepala Bapelkes dan WI (widyaiswara) se-Indonesia yang hadir," kata Listianty. Selain itu peserta datang dari perwakilan Badan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (PPSDM) Kementrian Kesehatan, Bapelkes pusat, dan Pusdiklat Aparatur Kementrian Kesehatan.(*/ndo)

Sumber: http://manado.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4948