http://www.mediaindonesia.com
">


Kota Bogor Rintis Kelurahan Peduli HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 17 October 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 14 Oktober 2011

BOGOR: Dinas Kesehatan Kota Bogor Jawa Barat membentuk kelurahan peduli HIV/AIDS sebagai proyek percobaan dalam rangka menekan jumlah penderita HIV/AIDS di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Kesehatan Lingkungan (P3KL) pada Dinas Kesehatan Kota Bogor dr Eddy Dharma sdi Bogor, Kamis (13/10), mengatakan pembentukan kelurahan peduli HIV/AIDS merupakan instruksi langsung dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

"Untuk tahap awal, rencananya kelurahan Baranang Siang, Kecamatan Bogor Timur ditunjuk sebagai 'pilot project' kelurahan peduli HIV/AIDS," katanya dalam acara sosialisasi pencegahan HIV/AIDS di Balai kota Bogor.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bogor periode 2006-2011 jumlah kasus penderita HIV/AIDS positif di Kota Bogor telah mencapai 1.328 orang.

Dari 1.328 orang penderita HIV/AIDS positif, telah merenggut korban jiwa sebanyak 58 orang. Selain itu dalam kurun tahun yang sama Dinas Kesehatan Kota Bogor mencatat ada 30 bayi positif terjangkit HIV.

Eddy menjelaskan, keberadaan kelurahan peduli HIV/AIDS menjadi akses informasi kepada masyarakat dengan merangkul kader-kader Puskesmas atau PKK.

Dengan kehadiran pos-pos informasi di kelurahan tersebut menjadi media informasi tentang HIV/AIDS baik penyebarannya, dan pencegahannya. "Dibutuhkan seorang pembimbing (Konselor) bagi para penderita HIV/AIDS yang akan ditempatkan di setiap pos yang ada di kelurahan peduli HIV/AIDS," kata Eddy. (Ant/OL-2)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4961