http://www.cenderawasihpos.com
">


Cegah HIV-AIDS, Dinkes Libatkan Masyarakat
Tanggal: Monday, 17 October 2011
Topik: HIV/AIDS


Cenderawasih Pos, 17 Oktober 2011

JAYAPURA - Tingginya temuan kasus HIV-AIDS di Kota Jayapura yang saat ini menempati urutan pertama di Provinsi Papua berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua, menjadi perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura. Untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran virus HIV, menurut Kadinkes Kota Jayapura, DR. Herman Arwam, M.Kes, perlu melibatkan masyarakat secara luas.

Pasalnya, peningkatan kasus HIV-AIDS menurutnya merupakan persoalan yang melibatkan multi sektoral yang menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. “Sejauh ini pemerintah sudah berusaha secara terus menurus memberikan penyuluhan dan menyediakan fasilitas penyuluhan. Namun kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyebaran virus HIV-AIDS ini masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan lagi,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela penutupsan Sidang Paripurna DPRD Kota jayapura, Jumat (14/10).

Dikatakan, keterlibatan atau pemberdayaan masyarakat dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus HIV-AIDS akan dilakukan melalui tokoh agama dan tokoh adat. Menurut Herman Arwam, Pemkot bersama para tokoh agama, adat dan masyarakat, akan melakukan penyuluhan ke masyarakat.

“Disamping itu kami juag sudah berkoordinasi untuk membangun jaringan yang menyediakan program kesehatan dan penyuluhan yang dimulai dari Puskesmas Jayapura Utara. Di sana akan disediakan klinik remaja, dimana klinik ini akan masuk ke sekolah-sekolah untuk melakukan penyuluhan,” tambahnya. (ado/nat)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4968