http://www.analisadaily.com
">


Estimasi 2015, Penularan HIV ke 38.500 Bayi
Tanggal: Wednesday, 19 October 2011
Topik: HIV/AIDS


Harian Analisa, 19 Oktober 2011

Binjai - Sekertaris Pelaksana Harian Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Sumatera Utara Drs Ahmad Ramadan MA mengestimasi, pada akhir 2015 terjadi penularan HIV terhadap 38.500 anak yang dilahirkan dari ibu HIV. Hal itu dikemukakannya pada penyuluhan penanggulangan Humas Trafficking dan HIV/AIDS bertempat di Pendopo Umar Baki Binjai, Selasa (18/10).

Isu penting lainnya disebutkan, peningkatan jumlah kasus HIV/AIDS berdampak pada peningkatan jumlah anak terinfeksi dari ibu HIV. Kasus HIV-AIDS sampai Mei 2011 tercatat HIV 1.198, AIDS 1.759, HIV dan AIDS 2.957 seperti dilaporkan 25 kabupaten/kota dari 23 daerah di Sumatera Utara.

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi diwakili Sekdako Iqbal Pulungan mengingatkan, masalah HIV dan AIDS seperti gunung es. Apalagi di Binjai tercatat 41 orang sudah dilaporkan. Sebab itu, sosialisasi yang diselenggarakan Humas Pemko Binjai yang diikuti forum infokom, PKK kelurahan, Pramuka dan pelajar SMA hendaknya dapat memberikan penyuluhan positif agar masalah HIV dan AIDS tertanggulangi.

Kabag Humas Pemko Binjai Syarifuddin menyebutkan, penyuluhan ini sangat penting, sebab masalah trafficking, HIV dan AIDS merupakan masalah nasional.

Data kasus HIV dan AIDS sampai Oktober 2009, tercatat Medan ranking pertama dengan jumlah 1.938 orang. Deli Serdang 256, menyusul Tanah Karo. Pematangsiantar. Sedang Padangsidimpuan hanya satu kasus, merupakan yang terkecil.

Ramadhan mengemukakan, semua pihak harus dilibatkan untuk menanggulangi HIV dan AIDS, hingga dapat terkendalikan dari estimasi. Pada penyuluhan itu juga memberikan ceramah tentang trafficking oleh Ipda Arnawati dari Polres Binjai dan dari KPAUD Kota Binjai.(mg)

Sumber: http://www.analisadaily.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4981