http://www.analisadaily.com
">


Semua Pihak Diminta Tanggulangi HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 19 October 2011
Topik: HIV/AIDS


Harian Analisa, 19 Oktober 2011

Medan - Peran pemerintah dan instansi terkait sangat diharapkan dalam penanggulangan HIV dan AIDS. Bahkan peran aktif orang dengan HIV AIDS (Odha) juga sangat diperlukan untuk penanggulangan tersebut. Demikian Sekretaris Komisi B DPRD Kota Medan Khairudin Salim, Selasa (18/10). Kota Medan sendiri, katanya, dalam waktu dekat akan memiliki Perda HIV dan AIDS. Dengan Perda itu, penanggulangan HIV dan AIDS lebih fokus dan mendapat dukungan anggaran yang memadai.

"Walaupun HIV tidak bisa disembuhkan hingga saat ini, minimal mencegah penyebarannya yang lebih besar pada masyarakat seperti sosialisasi," ujar Khairudin Salim yang juga Ketua Sistem Kesehatan Kota Medan.

Khairudin juga menyinggung tentang LSM yang mengumpulkan jarum suntik bekas. Namun, tidak memiliki dana untuk pemusnahannya. Dalam hal ini, katanya, juga diperlukan kerjasama dengan pihak terkait agar dapat menyalurkan dananya dengan efektif dan tepat sasaran.

"Ada LSM yang mengajak DPRD kerjasama mengumpulkan jarum suntik bekas agar tidak menyebar ke orang lain. Mereka pernah kerjasama dengan salah satu instansi tapi karena tidak ada dananya lagi, jarum suntik bekas itu banyak terkumpul di kantor mereka," ungkapnya.

Makanya, untuk mengatasi hal ini juga, Khairudin berharap kerjasama dan peran serta pemerintah untuk membantu dalam pendanaannya. "Seperti diberi kemudahan memusnahkannya tanpa beban biaya ke RS Adam Malik atau RS Pirngadi. KPA juga perlu membantunya," katanya.

Sekretaris Pelaksana KPA Sumut Ahmad Ramadhan mengatakan layanan jarum suntik steril (LJSS) ada programnya di puskesmas. Nantinya puskesmas kerjasama dengan rumah sakit untuk pemusnahannya. "Ada komitmen yang dibangun untuk pemusnahan jarum suntik bekas itu," ujar Ramadhan.

Sedangkan bagi LSM yang tidak memiliki dana atau tidak memilki kerjasama dalam pemusnahan tersebut, kalau LSMnya di Medan, Ramadhan menyarankan agar menjalin kerjasama dengan KPA Medan.

(nai)

Sumber: http://www.analisadaily.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4982