http://jaringradio.suarasurabaya.net
">


Dinkes Lumajang Temukan 10 PSK Lokalisasi Liar Tertular HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 20 October 2011
Topik: HIV/AIDS


suarasurabaya.net, 19 Oktober 2011

Penderita HIV AIDS di wilayah Kabupaten Lumajang terhitung sejak 2 tahun terakhir, cukup banyak. Dari pemantauan dan pemeriksaan yang dilakukan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dalam dua tahun terakhir, mulai tahun 2010 sampai Bulan September 2011 saja, mencapai 38 orang.

Wahyu Wulandari Kepala Seksi Penceghan Penyakit Menular Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang pada Sentral FM Lumajang, Rabu (19/10/2011) pagi, untuk penderita yang terdata tahun 2010 jumlahnya mencapai 30 orang. “Lebih dari separuh dari penderita yang ditemukan, saat ini telah meninggal dunia,”ujarnya.

Sedangkan, dari pemantauan dan pemeriksaan Tahun 2011 sampai Bulan September, ditemukan penderita HIV/AIDS baru yang jumlahnya tercatat 8 penderita. Kondisi inilah yang menjadi perhatian Dinkes Lumajang.

“Pasalnya, kasus HIV/AIDS merupakan fenomena gunung es. Jika terdapat 38 penderita yang kelihatan dan terpantau, dibawahnya bisa 10 kali lipat. Kalau 38 pendeirta, maka ada 380 penderita lainnya yang belum terdeteksi. Itu yang sulit dipantau,”kata Wahyu.

Indikator penyebab penularan penyakit mematikan ini, juga didominasi persoalan klasik. Yakni, berupa pergaulan bebas dengan melakukan hubungan seks secara sembarangan dan berganti-ganti pasangan. (her/tin)

Sumber: http://jaringradio.suarasurabaya.net






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4987