http://www.pontianakpost.com
">


Dorong Percepatan Pencapaian MDGs APBD 2012 Kota Pontianak
Tanggal: Thursday, 20 October 2011
Topik: Narkoba


Pontianak Post, 19 Oktober 2011

PONTIANAK — Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2012 Kota Pontianak harus mampu memperluas pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPRD Pontianak Arif Joni Prasetyo, kepada Pontianak Post, kemarin (18/10). Dalam waktu dekat, DPRD Pontianak akan membahas APBD 2012. Pembahasan APBD ini dimulai dengan penggodokan kebijakan umum anggaran prioritas plafon anggaran sementara (KUA/PPAS) oleh Komisi-komisi terkait bersama mitra kerjanya.Untuk tahun 2012 pemerintah Kota Pontianak telah menetapkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). RKPD telah disampaikan Pemkot ke DPRD beserta draf KUA/PPAS untuk dibahas. Kemudian selanjutnya akan diikuti dengan pembahasan RAPBD 2012 yang penyampaiannya akan dilakukan oleh wali kota kepada DPRD dalam rapat paripurna.

Menurut Arif, APBD yang harus mampu memperluas pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat mesti didukung empat pilar yakni projob (pengangguran), progrowth (petumbuhan), propoor (kemiskinan), dan proenvironment (lingkungan).“Dalam hal upaya perluasan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, prioritasnya adalah pada peningkatan kualitas SDM daerah dan pengurangan kemiskinan,” kata Politikus PKS ini. Disamping itu, dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan milenium atau Millennium Development Goals (MDGs) 2015, DPRD sangat merespon dengan terus mendorong upaya-upaya yang konkrit melalui APBD maupun peran-peran masyarakat.

Ada beberapa indikator yang memerlukan upaya lebih keras dalam percepatan pencapaian MDGs diantaranya kemiskinan, prevalensi kekurangan gizi pada balita serta memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya. “Poin-poin tersebut harus jelas angkanya di APBD 2012,” tegasnya.Dia menambahkan, pemerintah daerah diwajibkan menyusun Rencana Aksi Daerah dalam rangka percepatan pencapaian MDGs 2015 sesuai instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2011. Oleh sebab itu, DPRD minta kepada pemkot agar upaya percepatan pencampaian MDGs 2015 khususnya indikator yang masih memerlukan dorongan dan upaya yang lebih keras harus tertampung dalam APBD 2012. “DPRD akan mendalami RKPD dan KUA/PPAS, sejauh mana amanah percepatan MGDs ini sudah terakomodir. Sudah barang tentu lebih konkritnya nanti besaran penganggarannya di APBD,” kata dia. (zan)

8 Sasaran MGDs :

  1. Memberantas Kemiskinan dan kelaparan.
  2. Pencapaian Pendidikan Untuk Semua
  3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
  4. Menurunkan angka kematian anak
  5. Meningkatkan kesehatan ibu
  6. Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya
  7. Memastikan kelestarian lingkungan hidup
  8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan
Sumber: http://www.pontianakpost.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4995