http://jakarta.tribunnews.com
">


Seks Bebas Dominasi Penyebab HIV/AIDS di Jakut
Tanggal: Tuesday, 25 October 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNJAKARTA.COM, 21 Oktober 2011

JAKARTA - Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mencatat ada sebanyak 357 orang yang menderita HIV/AIDS di Jakarta Utara. Dari 357 orang tersebut, 181 kasus disebabkan karena seks bebas dan menempati peringkat pertama penyebab AIDS di Jakarta Utara.

Kepala Sekretariat KPA Jakarta Utara, Atma Sanjaya, mengatakan jumlah 357 orang tersebut dari periode 2007-2010. Menurutnya jumlah tersebut mengalami peningkatan dan satu diantara penyebabnya adalah letak geografis Jakarta Utara sebagai gerbang masuk kota Jakarta dan terdapat pelabuhan.

"Dalam tiga tahun terakhir ini, penyebab utama kasus HIV/AIDS di Jakarta Utara adalah seks bebas yang mencapai 181 kasus. Penyebab kedua karena penggunaan jarum suntik narkoba yang mencapai 160 kasus," ujar Atma, Kamis (20/10/2011).

Dikatakannya, penyebab ketiga yakni faktor perinatal atau bayi terjangkit HIV/AIDS karena kedua orangtuanya telah tertular virus HIV/AIDS yang mencapai 6 kasus. Kemudian karena homoseksual sebanyak enam kasus, transfusi darah tiga kasus, dan biseksual satu kasus.

Atma menambahkan, angka tersebut hanya jumlah penderita yang memeriksakan penyakitnya ke rumah sakit, sehingga jumlah penderita HIV/AIDS di Jakarta Utara belum diketahui secara pasti.

Sumber: http://jakarta.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5005