http://www.metrotvnews.com
">


Bali Miliki Klinik Kesehatan Gay dan Waria
Tanggal: Tuesday, 25 October 2011
Topik: Narkoba


Metrotvnews.com, 22 Oktober 2011

Denpasar: Bali kini memiliki klinik kesehatan khusus bagi kaum gay dan waria. Lokasinya di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, dengan nama Klinik Bali Medika. "Klinik ini menjadi salah satu jawaban bagi kaum gay dan waria yang sulit mendapatkan akses di pusat kesehatan masyarakat umum," kata Penasihat Klinik Bali Medika Profesor Dewa Nyoman Wirawan di Denpasar, Bali, Sabtu (22/10).

Wirawan tidak memungkiri jika selama ini sering pemerintah menyarankan agar mengintegrasikan layanan kesehatan di puskesmas. Hanya saja untuk kelompok masyarakat seperti itu tentu tidak mudah mendapatkan akses. "Maka saya sarankan membuat klinik khusus bagi kaum lelaki suka sama lelaki itu. Untunglah kawan saya dokter Yogi Prasetia mau mengelola, nanti kami sama-sama lebih melengkapi peralatan yang ada sekarang," kata Wirawan.

Dokter Yogi, jelas akademisi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana itu, telah memiliki pengalaman yang cukup dalam bekerja dengan komunitas transgender. Wirawan menjelaskan, layanan yang bisa diperoleh di klinik di Jalan Kalianget No 3 Kuta itu di antaranya layanan pemeriksaan kesehatan umum (general chek up), uji laboratorium, skrining dan perawatan penyakit menular seksual, "testosteron replacement theraphy", injeksi vitamin B dan vitamin C.

"Termasuk juga layanan konseling secara umum dan mental. Ke depannya juga diarahkan untuk layanan terapi VCT dan ARV untuk tes HIV/AIDS. Sejauh ini sudah ada pasien yang datang ke klinik ini, padahal baru dibuka 27 September lalu," jelas Wirawan.(Ant/DOR)

Sumber: http://www.metrotvnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5010