http://www.seputar-indonesia.com
">


Standar Mengacu Capaian MDGs
Tanggal: Tuesday, 25 October 2011
Topik: Narkoba


Seputar Indonesia, 23 Oktober 2011

JAKARTA – Standar akreditasi rumah sakit (RS) terbaru yang mulai diterapkan pada awal 2012 akan mengacu pada tiga sasaran Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), yakni penurunan angka kematian bayi (AKB) dan peningkatan kesehatan ibu,penurunan angka kesakitan HIV/AIDS,dan penurunan angka kesakitan tuberkulosis (TB).

“Selainberorientasipadakeselamatan pasien, standar akreditasi RS yang baru juga mengacu pada percepatan pencapaian MDGs,” Kata Ketua Perhimpunan Rumah Sakit SeluruhIndonesia( Persi) Sutotosaat pembukaan Seminar Nasional Persi XI di Jakarta kemarin. Dia mengatakan, berbagai perubahan yang dilakukan dalam penyusunan standar akreditasi RS dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan di RS, menyiapkan RS pada pelaksanaan universal coverage dan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Sutoto yang juga menjabat Ketua Komisi Akreditasi Rumah Sakit ini melanjutkan,penambahan indikator penilaian dengan sasaran percepatan MDGs dilakukan karena tenggat waktu untuk pencapaian MDGs yang semakin dekat, salah satunya keprihatinan kondisi epidemi HIV/AIDS di Indonesia yang masih mengalami peningkatan. Sedangkan di Asia, negara seperti Myanmar, Vietnam, bila dirata-rata, epidemi HIV/AIDS cenderung menurun atau tetap. Dirjen Bina Upaya Kesehatan, Kemenkes, Supriyantoro mengatakan, diperlukan peningkatan pelayanan kesehatan di RS secara global dan diakui secara internasional.

“50 persen pasien yang berobat ke Singapura adalah warga negara Indonesia dan rata-rata dari tahun ke tahun jumlahnya meningkat,” ungkap dia. Dia mengungkapkan,semakin banyak pasien yang berobat keluar negeri disebabkan semakin meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat. Karena itu, perbaikan pelayanan RS di dalam negeri perlu dilakukan, salahsatunyadenganmemperbaiki standar akreditasi. dyah ayu pamela

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5015