http://suaramerdeka.com
">


20an Mahasiswa Sampaikan Deklarasi Youth Millenium Drive
Tanggal: Wednesday, 26 October 2011
Topik: Narkoba


CyberNews, 25 Oktober 2011

Yogyakarta: Sebanyak 20-an mahasiswa dari perwakilan 18 Perguruan tinggi menyampaikan Deklarasi Youth Millenium Drive, di ruang auditorium Fakultas Kedokteran (FK) UGM. Pembacaan deklarasi tersebut disaksikan langsung perwakilan dari PBB Abdurahaman Shebubakara, dan Direktur United Nation Information Center (UNIC) Jakarta, Michele Zaccheo dan Dekan Fakultas Keokteran Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD.

Pembacaan deklarasi oleh Arifah Nur Sadrina itu menyampaikan lima poin penting yang disepakati oleh mahasiswa sebagai bentuk komitmen mereka untuk mendukung pencapaian percepatan Millennium Development Goal (MDGs) Indonesia tahun 2015.

Isi deklarasi tersebut meliputi, pertama, komitmen menumbuhkan iklim wirausaha masyarakat kecil dan menengah dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi daerah. Kedua, membantu memasyarakatkan pola hidup sehat sedini mungkin. Ketiga, membantu menyeimbangkan peranan pria dan wanita dalam masyarakat dan pemerintahan.

Keempat, membantu memaksimalkan fungsi Puskesmas dan Posyandu sebagai lini pertama dalam pelayanan kesehatan terutana dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak. "Yang kelima, membantu meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi muda bangsa Indonesia," kata mahasiswi program internasional FK UGM itu.

Ketua panitia Youth Millenium Drive (YMD), Chen wing Seng mengatakan, kegiatan itu sebagai gerakan untuk mengajak mahasiswa dan pemuda-pemudi untuk berpartisipasi lebih aktif dalam membantu membangun negaranya mencapai target delapan sasaran pembangunan Milenium (MDG).

Kedelapan target indikator MDGs tersebut adalah mencapai pendidikan untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup, mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Menurutnya, mahasiswa bisa melakukan berbagai kegiatan yang mendukung pencapaian target MDGs berdasarkan kemampuan kapasitas disiplin ilmu masing-masing. Dia mencontohkan mahasiswa fakultas kedokteran, bisa melakukan kegiatan untuk menurunkan angka kematian anak, menigkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular.

"Tidak hanya mengedukasi tapi selalu membuat inisiatif dengan melakukan aksi langsung dan peduli di tengah masyarakat," katanya.

( Bambang Unjianto / CN26 / JBSM )

Sumber: http://suaramerdeka.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5024