http://www.tempointeraktif.com
">


Rencana Penyebaran Kondom SEA Games Diprotes
Tanggal: Wednesday, 26 October 2011
Topik: Narkoba


TEMPO Interaktif, 25 Oktober 2011

Jakarta - Rencana Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Palembang mendistribusikan kondom di hotel dan perkampungan atlet selama SEA Games berlangsung, ditentang sejumlah kalangan. Salah satunya, massa Hizbut Tahrir Indonesia, yang menggelar unjuk rasa menentang rencana itu di Palembang, Selasa, 25 Oktober 2011.

Massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), yang terdiri atas kalangan kampus dan pegiat agama itu, melakukan unjuk rasa di Bundaran Air Mancur dan gedung DPRD Sumatera selatan. Dalam orasinya, HTI menyatakan sikap dengan meminta pemerintah untuk menghentikan program pembagian kondom gratis karena akan mendorong seks bebas. Mereka juga mengajak seluruh masyarakat untuk meninggalkan sistem kapitalis liberal yang menjadi sumber malapetaka kehidupan manusia.

Mahmud Jamhur, Ketua HTI Sum-Sel, mengatakan, jika pemerintah ingin mencegah penularan HIV/AIDS, caranya tidak dengan melakukan pembagian kondom gratis, tapi mencari akar permasalahannya. "Alasan untuk mencegah penularan HIV/AIDS itu adalah hal yang mengada-ada," katanya.

Selama SEA Games, yang akan digelar di Jakarta dan Pelambang pada 11-22 November, memang direncanakan akan ada distribusi kondom gratis sebanyak 57.600 lembar melalui 200 outlet. Sebelumnya, Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Palembang, Zailani U.D., menyatakan pihaknya menyiapkan hingga 200 boks kondom yang akan disebar di perkampungan atlet, hotel, wisma, panti pijat, dan lokalisasi Teratai Putih atau Kampung Baru.

Ia memastikan penempatan kondom itu tidak dilakukan secara terbuka. "Kita titip boks sama petugas hotel dan lokalisasi. Biarlah petugas yang mendistribusikan dengan cara mereka," katanya.

PARLIZA HENDRAWAN

Sumber: http://www.tempointeraktif.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5028