http://medan.tribunnews.com
">


Pendidikan Seks Sejak Mulai Puber
Tanggal: Wednesday, 26 October 2011
Topik: Narkoba


TRIBUN-MEDAN.com, 25 Oktober 2011

PEMATANGSIANTAR - Pendidikan seks harus dimulai sejak dini. Materi seputar kesehatan reproduksi dan resiko seks bebas sudah dapat diberikan sejak anak memasuki usia puber.

Pernyataan ini disampaikan dalam Penyuluhan Kesehatan Anak Remaja di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemko Pematangsiantar, Selasa (25/10). Pemateri dari Dinkes, dr Dorlin Sirait menuturkan, mulai umur 10 tahun, masuk masa pubertas, anak sudah bisa mendapatkan pendidikan seks. "Pada waktu ini remaja dalam proses pencarian jati diri dan ingin tahu mengenai perkembangan fisik yang terjadi pada dirinya," ujarnya dihadapan 30-an siswa SMAN 3.

Sayangnya, kenyataan di lapangan, guru di sekolah maupun orang tua kurang siap memberikan informasi yang benar dan tepat tentang pendidikan seks.

"Siswa bisa bertanya kepada pihak yg berkompeten seperti UKS. Selain itu bisa melakukan oleh raga sehingga pengaruh perkembangan hormonal dapat tersalurkan," katanya.

Dokter Sirait juga mengajak siswa menghindari seks bebas dan kehamilan dini dengan berbagai pertimbangan rasional seperti resiko fisik, psikologis, dan sosial yang bisa membuat masa depan pelaku seks bebas di ujung tanduk.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes JH Siahaan mengatakan, penyuluhan ini merupakan pembekalan bagi para siswa yang sebentar lagi akan memasuki usia kritis terkena paparan penyakit seksual. "Penderita kebanyakan berusia 20-29 tahun. Sebentar lagi kan mereka akan memasuki usia ini," ujarnya.

Materi kesehatan reproduksi dilanjutkan dengan materi seputar penyakit menular seksual dan HIV-AIDS yang dibawakan dr Terang Ukur Kembaren.

Dokter Terang memberi peringatan bahwa daerah Siantar Simalungun dalam posisi mengkhawatirkan. "Di Siantar-Simalungun sudah 100 orang (ODHA). Ini merupakan fenomena gunung es. Artinya, masih banyak (ODHA) yang belum diketahui," tuturnya. (ton/tribun-medan.com)

Sumber: http://medan.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5038