http://kelanakota.suarasurabaya.net
">


Klinik YKI Tangkal Ancaman Kanker di Jatim
Tanggal: Thursday, 27 October 2011
Topik: Narkoba


suarasurabaya.net, 26 Oktober 2011

Kanker menjadi satu diantara 4 penyakit tidak menular yang mengancam. Deteksi dini dan penyuluhan berperan penting untuk mencegah meningkatnya jumlah penderita kanker.

Pada September 2011 lalu, General Assembly PBB meminta dunia untuk memperhatikan 4 penyakit tidak menular yang kini semakin meningkat. Empat penyakit itu adalah kardiovaskuler (stroke dan hipertensi), diabetes, kanker dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Menurut Dr. dr Nila Djuwita F Moeloek, SpM Utusan Khusus Kepresidenan Program Millenium Development Goal's (MDGs), 4 penyakit tidak menular itu kini menjadi ancaman dunia selain penyakit menular seperti TBC dan HIV/AIDS.

Sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Nila pun memberikan perhatiannya kepada kanker. Di Indonesia, kanker serviks dan payudara merupakan pembunuh nomor satu.

"Perubahan sel yang tidak terkontrol menjadikannya kanker. Penyebabnya sulit diketahui, tapi bisa dicegah," ujar Nila saat memberikan sambutan dalam acara Peresmian Klinik Yayasan Kanker Indonesia cabang Jawa Timur di Jl Mulyorejo Indah I Surabaya, Rabu (26/10/2011).

Namun kini, upaya pencegahan kanker sudah bisa dilakukan melalui keberadaan Klinik YKI cabang Jawa Timur. Klinik ini, kata Nila diperlukan untuk mendeteksi dini sel kanker dan memberikan penyuluhan agar masyarakat mengetahui tanda-tanda awal kanker. Dengan demikian diharapkan bisa menurunkan resiko kematian.

Selain klinik, di tempat yang sama juga terdapat rumah singgah Sasana Marsudi Husada. Disini, penderita kanker stadium lanjut terutama mereka yang berasal dari luar Surabaya bisa tinggal sementara untuk diberikan penanganan.

Dikatakan Nila, YKI cabang Jawa Timur diminta untuk proaktif memperhatikan sumber daya manusianya yang berada di daerah. Sehingga, penderita kanker di daerah bisa ditangani di tempat asalnya.

Nina Soekarwo Ketua YKI Jawa Timur menambahkan saat ini Klinik YKI sudah menerima beberapa anak pasien kanker yang menjalani masa pengobatan. YKI Jawa Timur juga telah mendistribusikan obat kemoterapi dengan harga khusus kepada para pasien.(git)

Sumber: http://kelanakota.suarasurabaya.net






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5045