HIV Aids Serang Usia Produktif
Tanggal: Saturday, 29 October 2011
Topik: HIV/AIDS


BANGKAPOS.COM, 28 Oktober 2011

BANGKA -- KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Bangka Belitung mencatat penderita HIV Aids terbanyak pada usia produktif. Indikasi penyebab utama dari penyakit mematikan ini adalah karena gaya hidup heteroseks atau seks bebas.


Koordinator KPA Bangka Belitung, Pari Pusta mengatakan memang belum ada penelitian lebih lanjut terkait fenomena penyebaran HIV Aids di Bangka Belitung.

"Dari hasil penggapaian dari sejumlah laporan yang diterima kalau ternyata enderita HIV Aids di Bangka Belitung pada usia produktif yakni sekitar 25 sampai 30 tahun. Sekitar 70 persen pada usia segitu," kata Pari Pusta kepada bangkapos.com, Jumat (28/10/2011).

Heteroseksual, seperti seks bebas, seks sesama jenis menjadi faktor dominan. "Ini menjadi persoalan serius melihat gejala yang ditimbulkan," ujarnya.

Komisi Penanggulangan Aids Bangka Belitung mencatat hingga pertengahan Tahun 2011 dari 121 orang yang mengunjungi klinik VCT, 40 orang terdiagnosis positif HIV. Dari 40 orang itu, sebanyak 19 orang dari mereka divonis Aids.

Sebelumnya tahun 2010, sedikitnya ada sebanyak 80 kasus orang yang terdiagnosis HIV, dan 30 orang dari 80 orang itu mengidap Aids.

Sumber: http://bangka.tribunnews.com



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5062