455 Penderita AIDS Meninggal
Tanggal: Sunday, 30 October 2011
Topik: Narkoba


TRIBUN-MEDAN.com, 28 Oktober 2011

MEDAN - Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Pemko Medan Pemko Medan melakukan sosialisasi HIV/AIDS kepada Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan anggota kepolisan di jajaran Polsekta se-kota Medan, Kamis (27/10) di Hotel Grand Antares.

Kepala Urusan (Paur) Kesehatan Polresta Medan, dr Dumaria Situmorang. Dumaria dalam makalahnya tentang Informasi dasar HIV/AIDS mengatakan, yang perlu dilakukan dalam penanggulangan HIV/AIDS adalah jangan menggunakan narkoba dan melakukan seks bebas.

"Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengawasi perilaku orang yang kita sayangi, saudara kita dan orang yang kita sayang. Dan peliharalah iman kita, karna itu kunci utamanya," kata Dumaria.

Dumaria mengatakan Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus penyebab terjangkitnya penyakit Acquired Immune Deficiency syndrome ( AIDS). Virus ini kemudian masuk dalam cairan tubuh seperti darah, air mani dan cairan vagina. "Cairan ini dapat menyebar kepada orang lain dalam ketika melakukan seks. Cairan inilah yang dihindari jangan sampai menyebar kepada orang lain," kata Dumaria.



Ketua Forum Peduli AIDS Medan, Badurani mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, jumlah penderita yang sudah meninggal karena penyakit HIV/AIDS sejak tahun 2006 hingga tahun 2011 sudah mencapai 455 orang, yang terdiri dari 378 orang laki-laki dan 77 orang perempuan. Sementara yang terjangklit berdasarkan umur mulai dari tahun 2006 - 2011 yaitu 50 orang di bawah 15 tahun, umur 16-24 tahun sebanyak 464 orang, 1.582 orang berumur 25 tahun hingga 34 tahun, 482 orang berumur 35 hingga 44 tahun dan 177 orang berumur di atas 45 tahun.(ibr)

Sumber:
http://medan.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5063