DPRD: Giatkan sosialisasi cegah HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 02 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Waspada Online, 31 Oktober 2011

MEDAN – Meskipun pengidap HIV/AIDS tidak bisa disembuhkan, namun untuk pencegahan penularannya dapat dilakukan dengan cara sosialisasi. Untuk itu, dalam menanggulangi HIV/AIDS, peran pemerintah dan instansi terkait sangat diharapkan, selain itu peran aktif penderita juga sangat diperlukan.

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Medan, Khairudin Salim, mengatakan, penderita yang terjangkit penyakit ini juga harus diobati secara benar. “Jangan ada indikasi penderita menyebarkannya dengan sikat gigi di tempat umum,” ucapnya, saat dimintai tanggapannya menganai cara penanggulangan HIV,hari ini (20/10), di Medan.

Khairudin Salim yang juga Ketua Sistem Kesehatan Kota ini menyinggung tentang LSM yang mengumpulkan jarum suntik bekas. Namun, tidak memiliki dana untuk pemusnahannya. Dalam hal ini, juga diperlukan kerjasama dengan pihak terkait agar dapat menyalurkan dananya dengan efektif dan tepat sasaran.

“Seperti waktu lalu ada LSM yang mengajak DPRD kerjasama mengumpulkan jarum suntik bekas agar tidak menyebar ke orang lain. Mereka pernah kerjasama dengan instansi tapi karena tidak ada dananya lagi, mungkin jarum suntik itu banyak terkumpul di kantor mereka,” ungkapnya.

Makanya, untuk mengatasi hal tersebut, Khairudin berharap kerjasama dan peran serta pemerintah untuk membantu dalam pendanaannya. “Seperti diberi kemudahan memusnahkan tanpa beban biaya ke RS Adam Malik atau RS Pirngadi. KPA juga perlu membantunya,” urainya.

Secara terpisah, Sekretaris Pelaksana KPA Sumut, Ahmad Ramadhan, mengatakan layanan jarum suntik steril (LJSS) ada programnya di puskesmas. Nantinya puskesmas kerjasama dengan rumah sakit untuk pemusnahannya. “Ada komitmen yang dibangun untuk pemusnahan jarum suntik bekas itu,” ujar Ramadhan.

Sedangkan, bagi LSM yang tidak memiliki dana atau tidak memilki kerjasama dalam pemusnahan tersebut, kalau LSM nya di Medan, Ramadhan menyarankan agar menjalin kerjasama dengan KPA Medan.

Sumber: http://www.waspada.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5085