Akumulatif 429.000 Orang di Tiongkok Tertular dan Menderita AIDS
Tanggal: Wednesday, 02 November 2011
Topik: Narkoba


CRI Online, 01 November 2011

Menteri Kesehatan Tiongkok Chen Zhu kemarin (31/10) mengungkapkan, terhitung sampai akhir September sejak ditemukannya penderita AIDS pertama di Tiongkok tahun 1985, secara akumulatif dilaporkan adanya 429.000 kasus infeksi dan penderita virus HIV/AIDS di Tiongkok, 164.000 kasus di antaranya adalah penderita, dan kasus kematian sebanyak 86.000.

Dikatakan oleh Menteri Chen Zhu, dilihat secara keseluruhan, penyakit AIDS di Tiongkok masih berada dalam keadaan penyebaran rendah, namun di sementara daerah dan kelompok manusia tertentu sudah memasuki situasi penyebaran tinggi. Penyebaran melalui hubungan seksual menjadi jalur penyebaran yang utama, khususnya kecepatan penyebaran melalui hubungan homoseksual antar lelaki meningkat dengan nyata. Mereka yang terinfeksi virus HIV/AIDS berturut-turut memasuki stadium berjangkit, dan jumlah kematian pasien stadium kasip bertambah. Penyebaran AIDS terhadap ekonomi dan sosial di sejumlah daerah Tiongkok menunjukkan dampak semakin nyata.

Pemerintah Tiongkok menaruh perhatian sangat besar pada upaya pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS dengan menyediakan dana yang bertambah dari tahun ke tahun. Tiongkok membuat komitmen untuk membendung dan memutar balik penyebaran AIDS pada tahun 2015, dan akan terus meningkatkan kerja sama internasional.

Sumber: http://indonesian.cri.cn




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5096