Anak Jalanan Rentan HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 07 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Berita Sore, 03 November 2011

MEDAN: Menurut Project Officer Global Fund, Andi Ilham Lubis, menyebutkan, perilaku seks menyimpang memperparah resiko penularan HIV/AIDS bagi kalangan anak jalanan jika saja mereka tidak diawasi secara seksama.

“Mereka harus diawasi secara 24 jam dan harus mendapatkan perawatan kesehatan yang pantas. Jika ada LSM yang mendampingi mereka, LSM tersebut harus melakukan itu dan melakukan koordinasi dengan kita,” sebut Andi kepada Berita, Rabu (02/11), di ruangannya.

Rentannya anak jalanan terkena HIV/AIDS disebabkan oleh kurangnya kesadaran mereka akan bahaya penyakit menular yang mematikan tersebut. Salah satunya adalah perilaku seks yang menyimpang seperti berhubungan sesama jenis (sodomi), atau lawan jenis antar sesama anak jalanan.

Menurut Andi, menghirum lem yang popular bagi anak jalanan tidak mempengaruhi menyebarnya virus HIV. Namun apabila mereka “play” atau illusi setelah menghirup lem dan melakukan hubungan badan itu baru ada kontak virus antara mereka.

“Mengelem bagi kalangan anak jalanan tidak sama dengan suntik untuk pemakaian narkoba. Hanya saja mengelem dapat membangkitkan illusi bagi anak jalanan dan salah satunya ingin melakukan hubungan badan,” ucap Andi.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengurus Yayasan KKSP Medan, Maman Natawijaya, ketika dihubungi mengatakan, Dinas Kesehatan Sumut selaku perpanjangan tangan pemerintah wajib memberikan layanan kesehatan untuk anak termasuk anak jalanan.

“Diminta atau tidak, mereka wajib memberikan layanan kesehatan, karena sudah hak anak untuk mendapatkannya sesuai dengan Konvensi Hak Anak,” ucap Maman, seraya menambahkan jika ditemukan kasus penularan HIV/AIDS di kalangan anak jalanan, pihaknya membantu melakukan rujukan saja. (don)

Sumber: http://beritasore.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5116