Isu HIV/AIDS Jadi Bahan Khotbah
Tanggal: Monday, 07 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Berita Sore, 04 November 2011

MEDAN: Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Utara akan memasukkan isu penanggulangan HIV/AIDS dalam setiap ceramah agama kegiatan Hari Besar Islam, Khotbah Jumat maupun ceramah pada pengajian-pengajian yang disampaikan oleh Khatib maupun Al Ustadz.

“Kita sudah melaksanakannya, walaupun belum menyiapkan betul isi khutbah yang mudah dicerna dan diterima masyarakat. Namun kita akan coba membuat khotbah yang ringkas dan tepat sehingga mencapai sasaran yang diharapkan untuk penanggulangan HIV/AIDS,” ujar Kakankemenag Sumut Drs H Abdul Rahim MHum, usai acara pisah sambut Kemenag lama Drs Syaripul Mahya Bandar MAP dengan dirinya, Kamis (2/11) di aula Asrama Haji, Medan.

Menurutnya, permasalahan HIV/AIDS saat ini sudah sangat meresahkan, sehingga penanggulangannya sudah dilakukan LSM dan tokoh pemuda. Namun, tokoh agama juga diharapkan ikut memberantas HIV/AIDS dan diperlukan kebersamaan. “Ini sesuai dengan yang diminta oleh Pemprov Sumut,” kata Abd Rahim.

Begitu juga dengan sekolah Madrasah, Kakan Kemenag mengatakan sekarang guru-guru sudah mendapatkan informasinya dan secepatnya membuat program, kepada anak didik untuk mengetahui apa itu HIV/AIDS.

Untuk itu, Kakan Kemenag mengimbau para remaja untuk kembali pada nilai-nilai agama, membangun hubungan keluarga yang baik. “Orangtua juga harus perhatikan dan membatasi hubungan anak laki-laki dan wanita. Arahkan agar sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama,” harap Kakan Kemenag Sumut yang baru ini.

Ia juga meminta kepada anak-anak atau para remaja untuk menjalani perintah agama. “Agama telah membuat aturan yang telah kita yakini kebenarannya. Sehingga kita terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti HIV,” pungkasnya. (don)

Sumber: http://beritasore.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5126