TKI Laki-laki Rentan Tertular HIV
Tanggal: Monday, 07 November 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNJOGJA.COM, 04 November 2011

SEMARANG - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), M Jumhur Hidayat, mengatakan, laki-laki yang menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) rentan tertular HIV/AIDS.

"Buruh migran laki-laki mobilitasnya lebih tinggi daripada perempuan, karena mereka biasanya bekerja di bidang jasa konstruksi. Sedangkan TKI perempuan biasanya di sektor pembantu rumah tangga," kata Jumhur, seusai Pencanangan dan Penanggulangan Bahaya HIV/AIDS pada TKI, di Semarang, Jumat (4/11).

Menurut Jumhur, jumlah TKI yang tertular HIV/AIDS kecenderungannya naik, dan yang tertular paling banyak dari kaum laki-laki," ujar Jumhur.

Pihak BNP2TKI pun terus menyosialisasikan kepada TKI agar mengantisipasi penularan virus yang mengerogoti sistem kekebalan tubuh tersebut. Satu cara sosialisasinya yakni melalui pembekalan akhir pemberangkatan sebelum diberangkatkan.

"Kami terus menghimbau, TKI yang sudah pulang ke Indonesia untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan yang ditunjuk dan pemeriksaan tersebut gratis," tambah Jumhur.

Tenaga kerja yang tertular virus tersebut, lanjut Jumhur tidak bisa berangkat lagi ke luar negeri dan larangan ini bukan karena tidak mau mengirimkannya lagi tapi negara tujuan juga berhak menolaknya.

Sumber: http://jogja.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5131