Wagub NTT Ingatkan Ancaman HIV-AIDS
Tanggal: Wednesday, 09 November 2011
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 08 November 2011

Kupang - Bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Pemprov NTT melakukan berbagai kegiatan untuk menangkal penyebaran penyakit yang mematikan itu.

Menurut Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Ir. Esthon L. Foenay, M.Si, upaya untuk memperkuat SDM serta kebijakan dan anggaran untuk mencegah penyakit AIDS, terus dilakukan.

Dalam acara Pelatihan Advokasi Penanggulangan AIDS untuk KPA AIDS Kabupaten/Kota di Provinsi NTT, di Hotel Guest House, Selasa (7/11), Wagub Esthon Foenay mengatakan perlunya dukungan dari seluruh pihak.

''Sehingga ada peningkatan kerjasama pemerintah dan masyarakat agar mampu mempercepat pemenuhan akses informasi, pencegahan, perawatan, dukungan dan pengobatan untuk semua masyarakat,'' tuturnya.

Melalui upaya ini Wagub berharap semua warga masyarakat dengan latar belakang ekonomi, budaya dan tempat tinggal bisa mendapat akses informasi HIV dan AIDS yang sama, akses pencegahan yang sama serta akses perawatan dan pengobatan yang sama.

“Bangun suasana komunikasi yang harmonis antar sesama sehingga mendapat nilai tambah untuk membangun kemampuandalam rangka meningkatkan manajemen penanganan AIDS di NTT,” katanya.

Untuk itu, melalui pelatihan advokasi penanggulangan AIDS bagi KPA Kabupaten/Kota, Wagub Esthon Foenay berharap ada peningkatan kapasitas dan terutama kemampuan advokasi selaku pengelola sekretariat KPA untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin dalam respon penanggulangan AIDS di daerah ini.

Wagub juga menegaskan bahwa keberhasilan upaya penanggulangan AIDS bukan hanya ditentukan oleh peran pemerintah semata, bukan pula urusan sektor kesehatan saja, namun pencegahan dan penanggulangan AIDS merupakan suatu tindakan bersama, lintas sektoral dan lintas bidang, yang mana melibatkan pemerintah dan seluruh masyarakat.

Diingatkan bahwa seluruh pihak yang terlibat aharus bisa memegang teguh prinsip penegakkan hak asasi manusia, penghormatan gender dan diskriminasi bagi populasi yang beresiko terinfeksi HIV, yang sudah terinfeksi dan yang berdampak akibat infeksi HIV. [ipe]

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5143