Magic Johnson Berteman Dengan HIV Selama 20 tahun
Tanggal: Wednesday, 09 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Bolanews.com, 08 November 2011

Bulan November ini, tepat 20 tahun sejak Magic Johnson mengumumkan dirinya terkena HIV AIDS. Namun melalui perjuangan yang tak mudah, legenda LA Lakers itu masih tetap hidup hingga saat ini.

November 1991, beberapa pekan setelah menikah, Johnson dengan berani mengungkapkan bahwa ia mengidap HIV AIDS. Virus mematikan tersebut lantas memaksanya gantung sepatu dan melanjutkan pekerjaannya sebagai duta penyuluh HIV.

Hingga saat ini, atau setelah genap 20 tahun, kondisi Johnson masih nyaris prima. Pria yang pernah berposisi sebagai point guard itu menjadi bukti bahwa semua orang dapat hidup dengan baik walaupun terjangkit AIDS.

"Itu (tahun 1991) merupakan hari yang sangat menyedihkan, kekhawatiran dan perhatian kami semua tertuju pada Johnson," ujar Pat Riley selaku pelatih Lakers tahun 1990, saat ditemui dalam acara 20 tahun Johson mengidap HIV, dikutip Time Magazine.

Di samping itu, Johnson juga mengubah pandangan publik bahwa virus HIV tidak hanya menghinggapi seorang gay, pecandu obat terlarang, atau seorang pecandu sex.

"Hal itu membuat orang sadar, bahwa Anda dapat terinfeksi HIV tanpa menjadi gay, tanpa menjadi pengguna narkoba, tanpa menjadi pecandu seks. Hal itu juga mengubah persepsi tentang bagaimana orang dapat terinfeksi, dan siapa yang beresiko," ujar Kevin Frost, CEO amFAR (yayasan pencegahan AIDS).

Setelah mengumumkan terkena HIV pada tahun 1991 dan pensiun dari basket profesional, Johson kembali lagi ke NBA setahun kemudian dan menyabet gelar MVP All Star. Namun karena mendapat penolakan dari rekan-rekan setimnya di Lakers, ia pensiun lagi. Lalu untuk kedua kalinya, Johnson kembali ke NBA di tahun 1996. Barulah ia benar-benar pensiun di tahun tersebut.

Sumber: http://www.bolanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5149