Di Buleleng Tiga Anak dan Cewek Kafe Mengidap HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 10 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 10 November 2011

Singaraja - Tingkat penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Buleleng makin mengkhawatirkan. Belum lama ini, seorang cewek pekerja di kafe yang sekaligus sebagai cewek orderan (CO) ditemukan mengidap virus mematikan tersebut. Lebih miris lagi, tiga anak ditemukan mengidap penyakit mematikan tersebut. Karena itu, warga yang mempunyai perilaku berisiko tertular HIV/AIDS diminta untuk selalu waspada.

Koordinator Yayasan Citra Usadha Indonesia (YCUI) Buleleng, Made Ricko Wibawa, Rabu (9/11) kemarin, membenarkan adanya seorang cewek kafe diketahui mengidap HIV/AIDS. Cewek itu berada di kawasan Kecamatan Buleleng. Dengan temuan ini, berarti selama ini sudah ada empat cewek kafe yang diketahui mengidap HIV/AIDS. Sebelumnya, ditemukan tiga cewek kafe mengidap HIV/AIDS. ''Kami sudah melakukan pendampingan terhadap tiga cewek kafe yang terkena HIV/AIDS itu,'' katanya.

Yang menarik, kata Ricko, sejak dua bulan ini terdapat tiga anak pengidap HIV/AIDS yang sudah melakukan terapi di RSUD Buleleng. Ketiga anak itu masing-masing berumur sembilan tahun, tiga tahun dan empat tahun. Satu dari anak itu merupakan yatim piatu karena kedua orang tuanya meninggal akibat HIV/AIDS. Dua anak lagi masing-masing merupakan anak yatim dan anak piatu karena salah satu orang tuanya sudah meninggal akibat mengidap HIV/AIDS.

Selain ketiga anak tersebut, kata Ricko, sebenarnya terdapat sejumlah anak lagi yang menderita HIV/AIDS. Namun, anak-anak itu ada yang belum siap diterapi dan ada yang memang belum saatnya dilakukan terapi. Anak-anak itu menjadi korban perilaku orang tuanya. ''Kasihan sekali anak-anak itu,'' ujarnya.

Menurut Ricko, berdasarkan data di Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Buleleng, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Buleleng tercatat 1.235 orang. Namun yang didampingi YCUI Buleleng hanya 300 penderita dan sebagian besar sudah meninggal. Virus yang menyerang kekebalan tubuh ini tersebar hampir di semua kecamatan. ''Sebagian dari jumlah itu sudah meninggal,'' katanya. (kmb15)

Sumber: http://www.balipost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5162