Pemkot Jambi Tekan Penyebaran HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 14 November 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUN, 10 November 2011

JAMBI - Pemerintah Kota Jambi berencana mengeluarkan peraturan khusus terkait penanganan penyakit "Acquired Immunodeficiency Syndrome" atau "Acquired Immune Deficiency Syndrome" (HIV/AIDS) sebagai upaya menekan penyebaran penyakit itu.

Kepala Bagian Hukum dan Perundang Undangan Pemkot Jambi Amirullah Kamis kemarin mengatakan, rencana penggodokan peraturan tersebut digagas oleh beberapa instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial Tenaga Kerja.

Menurut dia, penggodokan peraturan tersebut akan memfokuskan berbagai upaya penanggulangan penyakit HIV/AIDS secara intensif di instansi terkait itu. "Program penanganannya disesuaikan dengan tugas pokok instansi masing-masing," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk langkah awal, Pemkot Jambi berencana mengeluarkan peraturan wali kota (PW).

Dari PW tersebut kan dilihat dan dievaluasi sejauh mana peraturan tersebut berimbas pada penanganan HIV/AIDS di Kota Jambi. "Dari hasil itu bisa disimpulkan apakah aturan tersebut perlu ditingkatkan menjadi peraturan daerah (perda) atau tidak," jelasnya.

Dia menambahkan, kemajuan teknologi informasi dan perkembangan berbagai media baik melalui televisi maupun internet berpengaruh besar terhadap pola pikir masyarakat khususnya anak muda.

"Pergaulan bebas adalah pengaruh luar yang tidak baik. Meski ada norma masyarakat dan aturan agama data dan fakta membuktikan jika kondisi itu mulai terjadi. Untuk itu perlu ada tindakan khusus, salah satunya melalui peraturan pemerintah," tambahnya.

Penderita HIV/AIDS di Jambi tercatat terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Dinkes Kota Jambi, sejak 1999 hingga Mei 2010 jumlah penderita HIV tercatat mencapai 300 orang lebih. Sedangkan penderita AIDS sebanyak 150 orang.

Berdasarkan data yang ada, hampir setiap tahun jumlah penderita pemuakit itu terus meningkat, katanya.

Sumber: http://jambi.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5164