HIV/AIDS Terus Meningkat
Tanggal: Monday, 14 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Harian Equator, 10 November 2011

Sintang - Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sintang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Hingga tahun 2011 sudah tercatat mencapai 500 orang. “Sebenarnya pemerintah sudah berupaya melakukan pencegahan terhadap pertumbuhan penyakit ini,” ungkap Direktur Rumah Sakit Ade M Djoen Sintang dr Sidiq Handanu.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata Handanu, dengan cara menggratiskan biaya pelayanan klinik. “Bahkan setiap bulan secara kontinu Dinas Kesehatan bekerja sama dengan pihak terkait melaksanakan program pemeriksaan dan pengobatan Infeksi Menular Seksual di wilayah risiko tinggi, misalnya lokalisasi,” terangnya.

Dikatakan Handanu, dari hasil analisis Dinas Kesehatan Sintang, presentasi penularan HIV/AIDS tertinggi melalui hubungan seks, mencapai 74 persen, melalui jarum suntik narkoba 19 persen. “Lain-lainnya 7 persen,” tukasnya.

Angka itu terus meningkat lantaran kesadaran warga menggunakan kondom dalam melakukan hubungan seks di lokalisasi masih tergolong minim. Selain itu Otda tidak sepenuhnya menuntaskan pengobatan.

“Penyakit ini mematikan. Kita harapkan kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat,” bebernya. (din)

Sumber: http://www.equator-news.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5165