Tiga Penderita HIV/AIDS di Tulungagung Meninggal
Tanggal: Monday, 14 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 10 November 2011

TULUNGAGUNG: Sedikitnya tiga penderita HIV/AIDS di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, meninggal dunia dalam kurun waktu sebulan terakhir karena komplikasi penyakit yang mereka alami.

"Memang sudah ada tiga ODHA (orang dengan HIV/AIDS) yang meninggal karena kondisinya yang sudah parah sehingga memicu komplikasi penyakit sebagai akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh penderita," kata Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Tulungagung Didik Eka, Kamis (10/11).

Tanpa menyebut nama, tempat, maupun waktu meninggalnya secara rinci, ia mengatakan ketiga ODHA dimaksud meninggal dunia dalam kurun waktu sebulan terakhir, yakni sejak Oktober hingga awal November ini. "Satu di antaranya adalah anak-anak yang mungkin tertular HIV dari ibunya yang telah mengidap penyakit yang sama terlebih dulu," ujar Didik.

Pengakuan serupa disampaikan petugas di klinik VCT (voluntary consulting and testing) di ruang Seruni Rumah sakit umum daerah (RSUD) Dr Iskak Tulungagung. Ia mengungkapkan, selama Oktober hingga awal November ini ada 12 pasien baru yang dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS. Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil pendataan bulan sebelumnya yang hanya teridentifikasi sebanyak sembilan pasien.

"Fluktuatif, tapi kecenderungannya adalah meningkat. Awal bulan November ini saja sudah tiga ODHA baru teridentifikasi," ujarnya.

Menurutnya, ODHA baru yang ditemukan saat melakukan bimbingan konseling dan testing itu mayoritas berlatar belakang sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. "Peringkat dua terbanyak berlatar belakang WTS (pekerja seks komersial) dan selebihnya dari berbagai latar belakang profesi, seperti pengusaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, pegawai negeri sipil, bahkan tukang becak," katanya. (Ant/OL-01)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5166