Penderita HIV/AIDS di Manado 350 Orang
Tanggal: Monday, 14 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Media indonesia, 10 November 2011

MANADO: Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Manado, Sulawesi Utara (Sulut), menyatakan hingga triwulan keempat 2011 jumlah penderita positif HIV/AIDS di Manado mencapai 350 orang.

"Tingginya kasus AIDS di Manado karena banyak temuan orang-orang yang positif HIV sudah lama hilang, dan setelah diperiksa sudah AIDS," kata pengelola program KPA Manado Umar Mato, Kamis (10/11).

Menurutnya, hal tersebut juga didukung makin tingginya kesadaran masyarakat mengenai HIV/AIDS dan keinginan memeriksakan diri ke tiga rumah sakit yang membuka pelayanan, yakni Rumah sakit Umum (RSU) DR Kandou, RSU Ratumbuysang, dan RSAD Wolter Mongisidi.

"Data yang ada di KPA Manado hingga sekarang di Manado tercatat sudah ada 350 orang yang positif terinfeksi HIV/AIDS. Dalam waktu tiga bulan ini ada pertambahan enam orang yang dinyatakan terinfeksi virus mematikan ini," kata Mato.

Ia mengatakan, di Manado yang positif terinfeksi HIV 112 orang dan AIDS sebanyak 239 orang. "Semuanya berada dalam pengawasan KPA Manado dan terus mendapat dukungan serta obat jenis ARV, untuk menekan pertumbuhan virus jahat ini di tubuh," katanya.

Dari data yang ada di KPA, ujar Mato, orang yang ditemukan sudah terinfeksi HIV/AIDS kebanyakan adalah golongan heteroseksual. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat menyadari pentingnya menggunakan kondom dalam berhubungan. (Ant/OL-01)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5167