Gubernur Ingatkan Bahaya Narkoba dan HIV
Tanggal: Tuesday, 15 November 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNMANADO.CO.ID, 15 November 2011

TOMOHON - Seluruh elemen masyarakat di Sulut termasuk Kota Tomohon perlu mewaspadai perilaku konsumsi rokok dan minuman keras (miras) yang berlebihan. Sebab, ini menjadi pintu masuk terjadinya persoalan narkoba dan HIV Aids di kalangan masyarakat terutama generasi muda.

Demikian diungkapkan SH Sarundajang, Gubernur Sulut, Senin (14/11/2011). "Narkoba dan HIV itu luar biasa, seperti Gunung Es, kelihatan sedikit tapi sebenarnya banyak. Pintu masuknya biasa dari cap tikus (miras) dan merokok, harus diwaspadai," jelasnya, kemarin.

Ia memprediksi jika dibiarkan berkembang maka pada tahun 2030 mendatang generasi yang muncul adalah mereka yang lemah, loyo, dan sakit-sakitan. "Jangan menganggap enteng masalah ini, jadi tanggungjawab semua. Sebab, ada juga masalah narkoba di keluarga muda," tutur Sarundajang sembari berharap perilaku sex bebas dikalangan generasi muda juga perlu dihindari karena jadi pemicu penyebaran HIV Aids.

Terpisah, Kapolda Sulut Brigjen Pol Carlo Tewu menegaskan khusus persoalan narkoba pihaknya konsisten untuk memberantasnya, mengingat Sulut secara keseluruhan menjadi percontohan nasional. "Jika ada bukti cukuip, kami pasti akan kejar hingga ke luar daerah," tegasnya.

Polda, menurutnya selalu berkolarobasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menuntaskan persoalan penyalahgunaan narkotika. " Polanya untuk pemain lokal Polda yang tangani, jika sudah ke luar berkolaborasi dengan BNN," kata Tewu.

Soal terungkapnya kasus ganja di Tomohon beberapa waktu lalu kata dia turut melibatkan juga jaringan dari luar daerah. "Disini yang banyak user, pengedar kecil, karena produksinya tak disini tapi di luar (Aceh)," tukasnya. (war)

Sumber: http://manado.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5192