Bisa Sebabkan Kematian
Tanggal: Tuesday, 15 November 2011
Topik: Narkoba


Galamedia, 15 November 2011

PENYAKIT hepatitis A bisa menjadi kronis dan berakibat kematian. Hal itu kemungkinan terjadi apabila penyakit ini menyerang penderita penyakit hati akibat alkohol dan penderita HIV/ AIDS. Namun penyakit hepatitis A tidak akan menjadi kronis apabila mendapat penanganan yang serius dari dokter.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Gastreoentero Hepatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Unpad/RSHS, dr. Ali Djumhana, Sp.P.D.K.G.E.H. kepada wartawan di kantornya, akhir pekan lalu.

Menurutnya, penyakit hepatitis A ini tidak sebahaya hepatitis B dan C yang bisa menyebabkan kanker hati dan berakhir pada kematian. Di Indonesia penyakit hepatitis B dan C sangat berbahaya karena tingkat prevalensinya cukup tinggi, yakni 1 dari 11 orang Indonesia mempunyai HBSAG yang positif. "Hingga kini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit hepatitis B dan C," ujar Ali.

Penyakit hepatitis A, lanjut Ali, belum atau tidak berbahaya seperti hepatitis B dan C. Namun perlu ada pencegahan yang dilakukan, seperti melalui vaksin hepatitis minimal satu atau dua kali dalam setahun.

"Kalau bisa, ibu yang melahirkan harus di-screening untuk pengobatan hepatitis A agar tidak menularkan penyakitnya pada anak yang di kandungnya, namun biayanya sangat besar" tambahnya. (B.81)**

Sumber: http://www.klik-galamedia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5195