Empat Warga Kerinci Terjangkit HIV-AIDS
Tanggal: Wednesday, 16 November 2011
Topik: HIV/AIDS


Jambi Independent, 16 November 2011

KERINCI - Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, penderita Human Immunodeficiency Virus Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV-AIDS) di Kabupaten Kerinci sejak 2010 hingga kini mencapai empat orang. Dua orang penderita HIV, dan dua orang lainnya positif penderita AIDS. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2M), Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, Daswarsya, kemarin (15/11).

“Dari 2010 lalu hingga sekarang, ada empat orang yang dinyatakan positif menderita HIV dan AIDS, dua penderita HIV dan dua lainnya AIDS,” ujar Daswarsya.

Ia mengatakan, keempat penderita ini sudah terdata dan sedang menjalani pengobatan oleh pihaknya. “Awalnya keempat penderita ini hanya terjangkit HIV, namun berdasarkan diagnosa medis, dua orang lainnya sudah mengarah dan dipastikan menderita AIDS,” cetusnya.

Ia juga mengatakan, sebagai antisipasi, pihaknya telah menjadwalkan dalam waktu dekat ini akan melakukan sosialisasi mengenai HIV-AIDS di sekolah-sekolah, dan kelompok waria yang ada di Kabupaten Kerinci.

“Kita akan melakukan sosialisasi yang nantinya bekerja sama dengan Pemprov Jambi, agar para remaja sekarang mengerti dan memahami bagaimana virus ini bisa terjangkit, apa risikonya, dan apa gejalanya,” sebutnya.

Ia menambahkan, pada bulan Desember 2011 mendatang, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jambi akan melakukan pemeriksaan kemungkinan adanya penularan HIV AIDS di Rutan Sungaipenuh.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, rencananya pada bulan depan kita akan cek di Rutan Sungaipenuh,” tandasnya.

Untuk diketahui, HIV merupakan retrovirus yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia, dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Sistem kekebalan dianggap defisien ketika sistem tersebut tidak dapat lagi menjalankan fungsinya memerangi infeksi dan penyakit-penyakit.

Sementara, menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV telah dihabiskan sebagai penyebab AIDS. Tingkat HIV dalam tubuh dan timbulnya berbagai infeksi tertentu merupakan indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.

Sumber: http://www.jambi-independent.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5198